Investasi Emas Masih Menjadi Andalan, Begini Tips Memulainya

Bagaimana pergerakan harga emas di tahun 2023 di tengah banyaknya informasi tentang akan terjadinya krisis moneter di tahun depan. Hal tersebut tentunya membuat kita harus mempersiapkan diri untuk menghadapi situasi tersebut. 

Setiap orang tentunya memiliki tujuan-tujuan keuangan yang ingin dicapai, semisalnya ingin membeli rumah, kendaraan, jalan-jalan ke luar Negeri dan yang lain sebagainya. Tapi disisi lain ada keterbatasan dari penghasilan, misalnya gaji bulanan yang jumlahnya tetap. Oleh karena  itulah investasi akan menjadi salah satu solusi dan jalan keluarnya.

Salah satu produk investasi yang dikenal dari zaman dahulu hingga sekarang adalah investasi emas. Karena menurut kebanyakan orang investasi Emas adalah salah satu investasi yang aman karna Emas itu real dan bernilai barangnya. Ada bentuk fisiknya, dapat dipegang, terlihat barangnya sehingga sangat cocok untuk kamu sebagai pemula yang ingin mencoba berinvestasi dengan aman dengan resiko yang rendah, Emas adalah pilihan yang tepat.

Tapi ingat bukan investasi pada emas perhiasan, melainkan investasi pada logam mulia. Mengapa harus investasi emas? Jadi, pasar berekspektasi jika Bank Sentral Amerika atau the Fed itu akan mengundurkan kebijakan moneternya yang awalnya harga emas itu inflasi tinggi di tekan oleh kenaikan suku bunga, pasar sudah memprediksi sepertinya The fed akan mengendurkan kebijakannya yaitu bisa menurunkan suku bunga lagi. Jika hal itu terjadi maka harga Emas akan naik lagi.

Namun bagaimana sih cara memulai investasi emas? Apa saja Tips nya? Berikut adalah Tips untuk kamu yang ingin memulai investasi Emas:

  • Pilih produk Emas yang sesuai 

Pilih produk Emas yang sesuai dengan kita, nah produk Emas ini sebagai alat investasi itu cukup banyak, kamu bisa investasi di Emas batangan. Contohnya Emas batangan ini punya berat dari 0,025 g saja, yang harganya sekitar Rp. 50.000 atau misalnya kamu mau investasi Emas yang 1 kilo harganya sekitar 800 juta. Kamu juga bisa investasi perhiasan Emas. Selain Emas fisik dan perhiasan Emas kamu juga bisa investasi Emas digital, Emas digital akhir-akhir ini sedang ngetrend karena memang harga dan Spread lebih murah dan juga lebih memudahkan hidup kamu, karena kita dapat membelinya dari rumah. 

  • Pilih seller yang terpercaya 

Pilih seller yang terpercaya ini sangat penting sekali agar kita tidak mendapatkan harga yang tidak transparan dan juga barang yang palsu. Pilih saja toko Emas langganan kalian yang berada di daerah kalian, namun lebih disarankan membeli Emas di toko yang resmi seperti Antam di Butik Antam, Ubslifestyle.com dan Lotus Archie di Tokopedia nya Lotus Archie. 

  • Bandingkan Harga, Spread dan kemudahan Transaksi 

Pilihlah harga yang lebih murah yang tentunya harus terpercaya, pilih spread juga yang lebih murah dan pilih juga toko yang memberikan kamu untuk bertransaksi, jadi kita bisa dapat lebih mudah untuk mencairkan Emas kita saat kita butuh dan investasi kita lebih menguntungkan karena harganya murah dan spreadnya juga lebih kecil. Namun, jika kita bertemu dengan harga murah atau dengan harga yang sangatlah murah kamu harus tetap tidak langsung percaya begitu saja tetapi kamu harus lebih harus berhati-hati dengan cara mencocokan harga di Logammulia.com. 

  • Jangan terlalu Fokus ke Fluktuasi Harga 

Emas itu investasi jangka panjang. Beli saja lalu di simpan saja nanti sekitar 10 tahun lagi akan naik nilainya. Kalian dapat melihat Grafik harga emas 10 tahun terakhir terhadap rupiah. Jika kamu adalah investor Emas dan melihat Grafik harga Emas menurun kalau bisa tidak langsung menjual Emas kamu begitu saja, sebaiknya simpan saja terlebih dahulu jika misalnya kamu belum butuh atau tujuan investasi kamu belum terpenuhi.

  • Jangan menggunakan uang panas!

Apa itu uang panas? Uang panas adalah uang yang kamu pakai sehari-hari atau misalnya untuk menutupi kebutuhan kita. Atau uang yang dihasilkan dari uang pinjaman, mengapa demikian? Karna pembayaran hutang dan bunganya kamu sebaiknya tidak mengharapkan dari kenaikan nilai Emasnya itu. Kamu harus bisa membayar atau mencicilnya dengan gaji kamu atau dari penghasilan usaha kamu. Sehingga kamu tidak mengharapkan Emas itu saat ini juga untuk menutupi hutang kita tetapi untuk nanti dalam jangka waktu yang lama sehingga harga Emas itu dapat naik dan tujuan investasi kita dapat tercapai juga. 

Nah, bagaimana nih Tips–tips di atas untuk teman-teman yang baru ingin memulai berinvestasi Emas? Semoga bermanfaat ya. Yuk terus belajar dan research terlebih dahulu produk-produk Emas apa yang paling cocok untuk kamu, agar kamu bisa mendapatkan produk Emas yang paling cocok untuk kamu. Dan yang terpenting adalah konsisten sedikit demi sedikit sehingga lama- lama dapat menjadi bukit.