Cara Membuka Akun Bibit Untuk Investasi

Aplikasi Investasi yang dapat diunduh lewat smartphone, yang bernama Bibit. Bibit berhasil menarik perhatian khalayak ramai. Namun, sayangnya masih banyak masyarakat yang belum mengetahui bagaimana cara menggunakan aplikasi Bibit agar bisa memberikan keuntungan dalam kehidupan di masa akan datang.

Aplikasi bibit berubah menjadi aplikasi yang paling banyak dipilih investor pemula sebab aplikasi tersebut sangat mudah untuk digunakan. Bahkan, Anda juga dapat melakukan investasi sesuai rekomendasi dari sistem Bibit sehingga investor tidak bingung dalam menentukan pilihan yang tepat dan terbaik.

Ketika akan melakukan investasi dengan menggunakan aplikasi bibit, Anda perlu melakukan registrasi untuk akun reksa dana. Nah, berikut ini beberapa tahapan jika ingin membuka akun Bibit untuk berinvestasi secara online.

Langkah Investasi di Aplikasi Bibit

1.   Membuka aplikasi Bibit

Pertama-tama Anda harus membuka aplikasi Bibit melalui smartphone. Bila belum memilikinya Anda bisa mengunduhnya di Play Store atau App Store sesuai jenis ponsel yang Anda miliki. Tahap ini sangat mudah dilakukan, seperti halnya Anda ingin mengunduh dan membuka aplikasi lain pada umumnya.

2.   Registrasi dan Mengisi Kuesioner Singkat

Apabila Anda sudah membuka aplikasi Bibit, pilih ikon register untuk melanjutkan ke tahap registrasi. Kemudian, Anda bisa memasukan tanggal lahir Anda dan mengisi sebanyak enam kuesioner singkat pada Bibit sesuai profil dan juga tujuan investasi Anda sendiri.

Klik lanjut, kemudian Anda akan diminta mencantumkan nomor ponsel yang nantinya untuk keperluan pengiriman kode verifikasi melalui pesan SMS. Untuk tahap ini juga sangat sederhana, tidak ada yang perlu dibingungkan.

3.   Mengupload foto KTP dan Mengisi data diri

Apabila sudah melalui tahap verifikasi, Anda perlu mengisi data diri misalnya alamat email, penghasilan per tahun, pendidikan, sumber pendapatan serta nama bank yang digunakan. Jika sudah, Anda nantinya akan diminta melakukan upload foto KTP dan foto selfie sambil memegang KTP, dan jangan lupa untuk Anda membuat tanda tangan tepat di area yang telah disediakan di aplikasi Bibit tersebut

4.   Verifikasi email dan set up pin

Setelah selesai mengupload foto KTP, Anda akan diminta untuk mengisi pin agar dapat mengamankan transaksi Anda di Bibit. Jika sudah Anda harus melakukan tahap verifikasi email. Untuk langkah tersebut Anda bisa mengikuti alurnya saja, tidak perlu bingung karena semuanya sudah jelas, itu berarti Anda hanya perlu mengikuti.

5.   Menunggu Proses Registrasi

Nantinya data Anda akan langsung diverifikasi oleh pihak Bibit serta KSEI. Untuk proses registrasi ini akan rampung paling lama 1×24 jam dan Anda sudah bisa melakukan pembelian reksa dana di aplikasi Bibit

Setelah Anda mengetahui tahapan melakukan registrasi Bibit, Anda dapat langsung membeli berbagai produk reksa dana.

Cara Membeli Produk Reksa Dana di Aplikasi Bibit

  1.   Meng-klik investasi sekarang

Anda harus klik investasi sekarang pada halaman untuk agar dapat memulai pembelian reksa dana di Bibit

  1.   Memasukkan nominal

Selanjutnya Anda masukkan nominal dana investasi yang diinginkan, pembelian minimum sebesar 100 ribu

  1.   Baca isi prospektus

Sebaiknya baca semua terlebih dahulu isi dari prospektus sesudah Anda menentukan nominal yang akan diinvestasikan. Kemudian klik ikon saya menyetujui untuk pembelian reksa dana lalu klik ikon bayar sekarang

  1.   Pilihlah metode pembayaran

Pilihlah metode pembayaran dengan menyesuaikan apa yang Anda inginkan. Pada aplikasi Bibit tersebut Anda dapat memakai LinkAja, Go Pay, virtual account, atau transfer secara manual melalui ATM atau layanan lainnya

  1.   Klik bayar

Kemudian klik bayar untuk lanjut ke penyelesaian pembelian reksa dana Anda dari rekomendasi sistem Bibit.

Ini adalah tahapan pembelian reksa dana menggunakan rekomendasi Bibit. Apabila Anda ingin membeli reksa dana berdasarkan apa yang Anda ingin, Anda tinggal memilih opsi search pada pojok kanan atas layar, lalu pilihlah jenis reksa dana yang Anda inginkan.

Setelah itu, untuk metode pembayarannya pun hingga berbagai aktivitas lainnya serupa dengan cara-cara yang sudah dijelaskan sebelumnya

Cara Menjual Reksa Dana Menggunakan Aplikasi Bibit

  • Pilihlah portofolio yang akan dijual, yakni dengan meng-klik portofolio pada halaman utama di aplikasi Bibit, kemudian pilihlah portofolio yang akan Anda jual, lalu klik ikon jual
  • Lalu, tentukanlah nominal yang akan Anda jual, kemudian bacalah persyaratan yang tersedia lalu klik jual dan setuju
  • Langkah selanjutnya yakni memasukkan pin Anda untuk keperluan konfirmasi transaksi penjualan tersebut
  • Jika sudah, tunggu hasil penjualannya. Dimana Anda akan menerima email saat dana dari penjualan reksa dana sudah masuk ke dalam rekening Anda.

Demikianlah cara membuka akun Bibit hingga melakukan investasi sampai ke proses penarikan dana di aplikasi Bibit. Nah, dengan begitu Anda diharapkan untuk semakin bersemangat dan menumbuhkan kesadaran terkait pentingnya berinvestasi sejak dini dan memilih platform terbaik dan terpercaya.