Bagaimana Prospek Investasi Crypto di Indonesia?

Platform bursa crypto di dalam negeri, meyakini bila investor pada aset tersebut akan bertumbuh dengan pesat seiring bertambahnya masyarakat yang tertarik dan ingin lebih tertarik pada crypto. Bila mengutip data dari Kementerian Perdagangan per bulan Juli 2021, dimana investor crypto di Indonesia telah mencapai angka 7,4 juta member atau 2,6% dari total jumlah penduduk.

Jeth Soetoyo mengatakan bila mereka optimis jika investor crypto serta adopsi pengembangan tengah masuk pada tahap awal, karena menurutnya ada begitu banyak manfaat dari aset crypto yang ditawarkan.

Investasi crypto ternyata memang dapat menarik minat banyak orang. Namus, sebagai pemula di bidang tersebut Anda harus memiliki pengetahuan lebih sebelum terjun ke dunia crypto. Jika sudah mulai mahir dan mengerti, Anda bisa mencari platform yang menyediakan layanan investasi crypto dan dapat memberikan kemudahan kepada Anda sebagai pemain baru di dunia cryptocurrency.

Perkembangan Dari Cryptocurrency di Indonesia

Anda dapat melihat jika investasi crypto merupakan investasi yang mempunyai peluang imbal hasil tinggi. Tetapi Anda juga harus mengetahui tentang pernyataan tersebut, bila berbicara mengenai perkembangan dari mata uang berjenis digital ini di Indonesia dan akan membuat Anda semakin tertarik.

Mengapa? Sebab mata uang crypto tergolong unik serta mempunyai daya tarik cukup tinggi. Berikut adalah karakteristik dari cryptocurrency :

  • Digital merupakan istilah yang mempunyai arti mata uang crypto dan tidak ada bentuk fisiknya.
  • P2P merupakan istilah yang digunakan untuk bertransaksi memakai kripto dengan melakukannya tanpa lewat perantara dari pihak ketiga. Maka akan langsung dari penjual ke pembeli.
  • Global merupakan istilah yang akan menjelaskan jika transaksi dapat dilakukan dengan profesional dan sesuai tata cara internasional serta tidak akan terpengaruh oleh kurs.
  • Terenkripsi merupakan istilah yang biasanya digunakan untuk bertransaksi dan dapat dilakukan tidak dengan pihak yang mengetahuinya.

Berdasarkan hasil yang telah dikumpulkan, menyatakan penyebaran crypto pada negara berkembang yang lebih besar seperti Indonesia dan juga Rusia dalam menyebarkan crypto 4x lebih cepat bila dibandingkan negara maju lain yang merupakan partisipannya.

Ada begitu banyak faktor pendukung yang dapat membantu penyebaran crypto di Negara Indonesia, termasuk dalam peningkatan para pengguna smartphone. Dimana hal tersebut merupakan konsekuensi karena munculnya pandemi serta tidak adanya metode untuk melakukan pinjaman kredit berskala nasional.

Jenis dari cryptocurrency

Supaya dapat memperoleh cryptocurrency terbaik, sudah pasti Anda harus mengetahui jenis-jenis dari crypto yang ada, sebagai berikut :

  1. Bitcoin

Investasi Bitcoin merupakan kurs digital yang paling populer, dimana keberadaannya bahkan dapat menarik minat investor. Karena itu tidak heran bila saat ini Bitcoin telah menjadi pilihan ketika ada calon investor yang akan melakukan investasi.

Kelebihan dari Bitcoin :

  • Salah satu mata uang crypto.
  • Hitungan untuk HRB sudah canggih dan bisa membuat kepercayaan banyak orang.
  • Terjamin serta terhindar dari segala resiko pemalsuan.
  • Dapat menekan laju dari inflasi.
  • Bisa memperkuat posisi dalam pengembangan komunitas secara global.

Kekurangan dari Bitcoin :

  • Sifatnya spekulatif, sehingga nilainya dapat meningkat ketika banyak yang memakainya begitu pula sebaliknya.
  • Transaksi menggunakan Bitcoin tidak dapat dibatalkan.
  • Prosesnya bersifat publik, maka tidak memiliki jaminan ketika terjadi kesalahan saat proses pengiriman.
  • Rentan mendapat serangan virus pada hardwarenya bila tidak dirawat.
  1. Litecoin

Selanjutnya yang menjadi favorit selain Bitcoin, yaitu Litecoin. Jenis mata uang ini dikenal sejak tahun 2011, dimana P2P ini dapat menghasilkan blok yang baru secara cepat. Selain itu, transaksi tersebut bisa dilakukan tanpa menggunakan sistem komputerisasi.

Kelebihan dari Litecoin :

  • Memang dihadirkan guna menyempurnakan Bitcoin.
  • Algoritma penambangan atau mining lebih sederhana.
  • Waktu generasi tiap blok yang akan disusunnya sekitar 2,5 menit serta lebih cepat jika dibandingkan dengan Bitcoin.
  • Dengan adanya fitur swap, memudahkan setiap pemilik dari coin crypto ketika akan bertransaksi menggunakan Litecoin walaupun dilakukan tanpa platform.
  • Segregated Witness memang hadir untuk digunakan bertransaksi dan biayanya terbilang rendah.

Kekurangan dari Litecoin :

  • Penambangan atau miningnya mudah sehingga dapat menyebabkan terjadinya penumpukan stock Litecoin.
  • Adanya resiko bila tidak memiliki ketertarikan pada pasar.
  • Bisa terjadi penurunan inflasi secara cepat.

Selain kedua jenis di atas masih ada beberapa yang lain, seperti Feathercoin, Dogecoin dan Bitcoin Cash. Pastinya ketiganya juga mempunyai kelebihan serta kekurangan tersendiri. Kemudian untuk kelebihan dari investasi cryptocurrency sendiri adalah memiliki sifat yang universal.

Sehingga dapat diterima serta digunakan diberbagai negara dan dimana saja. Selain itu privasinya juga terjaga, artinya tidak ada pihak yang bisa mengetahui bila terjadi transaksi selain penerima dan pengirimnya.

Kemudian, crypto juga terbilang akurat dan cepat, bahkan memberikan kemudahan kepada pemilik koin dalam melakukan transaksi. Terakhir, fluktuatif sehingga memungkinkan bagi penggunanya memperoleh keuntungan tinggi.