Apa Saja Jenis-Jenis Tabungan BCA dan Persyaratan Membukanya

tabungan bca

Menabung adalah sebuah kebiasaan baik yang harus dipupuk sejak kecil. Dengan menyisihkan sebagian uang yang kita miliki dan menyimpannya, kita bisa mempunyai dana cadangan atau simpanan untuk masa depan yang jauh lebih baik. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menabung. Bisa dengan menabung secara tradisional dengan celengan, kita juga mempercayakan uang tabungan kita ke bank atau bahkan kita bisa mencoba berinvestasi untuk menambah jumlah simpanan kita. 

Memilih untuk menabung di bank adalah salah satu pilihan yang tepat untuk menyimpan tabungan kita. Kita bisa lebih tenang karena tabungan kita akan jauh lebih aman dibandingkan bila kita menabung di celengan atau berinvestasi. Banyak pilihan bank yang bisa kita pilih dengan berbagai penawaran yang bisa kita bandingkan untuk mendapatkan layanan yang terbaik.

Salah satu bank terbaik yang bisa dipilih adalah Bank BCA. Salah satu bank terbesar di Indonesia ini menawarkan banyak tipe tabungan yang bisa kita pilih dan juga manfaatkan untuk menyimpan uang tabungan yang kita miliki. Apa saja tabungan yang ditawarkan oleh Bank BCA? Dan apa saja syarat yang dibutuhkan untuk  membuka rekening tabungan tersebut? Mari kita simak infonya berikut ini.

Jenis-jenis tabungan BCA dan syarat pembukaan rekening

Ada beberapa jenis tabungan yang ditawarkan oleh Bank BCA yang bisa kamu pilih untuk mendapatkan layanan keuangan terbaik bagi uang tabunganmu. Jenis-jenis tabungan tersebut antara lain:

  • Tahapan BCA

Tabungan pertama yang ditawarkan oleh bank BCA adalah tahapan BCA. Tabungan dilengkapi dengan kartu paspor yang bisa berfungsi sebagai kartu debit dan atm. Pada tahapan BCA ini ada tiga jenis tabungan tahapan yang ditawarkan yaitu:

  • Paspor BCA Blue 

Paspor BCA blue ini diperuntukkan untuk kalian yang gemar bertransaksi online. Limit harian yang ditawarkan oleh paspor BCA blue ini adalah 7 juta rupiah untuk pengambilan uang tunai dan 25 juta rupiah untuk transfer menggunakan mesin atm.

Untuk Paspor BCA blue ini biaya admin setiap bulannya adalah Rp. 15.000,- dan untuk biaya pembuatan atau penggantian kartu adalah Rp. 10.000,-

  • Paspor BCA Gold

Paspor BCA Gold mempunyai limit di atas paspor BCA Blue. Limit harian dari Paspor BCA Gold adalah 10 juta rupiah pada tarik tunai dan dan 50 juta dengan kartu debitnya.

Biaya admin untuk paspor BCA Gold adalah Rp. 17.000,- perbulannya dan biaya pembuatan atau penggantian kartu Rp. 15.000

  • Paspor BCA Platinum

Paspor BCA Platinum dikhususkan untuk kamu yang mempunyai mobilitas transaksi tinggi dan besar. Limit harian pada Paspor BCA Platinum ini adalah 100 juta rupiah sehingga kamu akan lebih leluasa dalam bertransaksi.

Untuk layanan maksimal dari tahapan BCA ini biaya administrasi perbulannya adalah Rp. 20.000,- dan untuk pembuatan atau penggantian kartu Rp. 20.000,-

Untuk membuka rekening tahapan BCA, syarat yang harus kita lengkapi adalah:

  • Mengisi formulir pembukaan rekening
  • Membawa identitas diri yang berlaku dan juga NPWP (bila memiliki)
  • Menyetorkan setoran awal sebesar Rp. 500.000,- untuk setoran berikutnya minimal Rp. 50.000,-
  • Saldo rata-rata minimum perbulannya yang ada di rekening adalah Rp. 100.000,-
  • Saldo minimum yang akan ditahan oleh pihak bank adalah Rp. 50.000,-

  • Tahapan Xpresi

Untuk tabungan yang satu ini diperuntukkan buat kalian generasi muda.  Tabungan ini terbagi pada tiga rentang umur yaitu dibawah 12 tahun, 12-17 tahun, dan 17 tahun keatas. Tidak ada perbedaan layanan dari ketiga jenis tabungan xpresi tersebut. Yang menarik dari tabungan xpresi ini adalah setoran awalnya sangat ringan yaitu Rp. 50.000,- saja. sedangkan biaya adminnya juga sangat ringan yaitu Rp. 5.000,- setiap bulannya.

Syarat untuk pembukaan rekening tahapan Xpresi ini adalah:

  • Mengisi formulir pembukaan rekening tahapan Xpresi 
  • Melampirkan identitas diri dan NPWP. Untuk yang dibawah 17 tahun bisa menggunakan NPWP orangtua. Apabila tidak memiliki NPWP yang bisa dilampirkan, bisa mengisi form pernyataan tanpa NPWP. 
  • Melakukan penyetoran awal sebesar Rp. 50.000,- dan untuk setoran berikutnya minimal Rp. 50.000,-
  • Biaya pembuatan dan penggantian kartu adalah Rp. 25.000,-

  • Tahapan Berjangka

Jenis tabungan ini diperuntukkan untuk kamu yang ingin fokus menabung ataupun sekaligus berinvestasi  dan juga dilengkapi dengan asuransi jiwa. Dengan tahapan berjangka kita bisa menentukan jangka waktu untuk tabungan kita. Jangka waktu yang bisa dipilih adalah 12 hingga 240 bulan. Apabila jangka waktunya belum selesai, kita tidak bisa menarik uang tabungan yang kita setorkan. Hal itu bisa menjadikan tabungan kita lebih terkontrol dan kita bisa lebih fokus dalam menabung.

Syarat yang dibutuhkan untuk membuka rekening berjangka ini adalah:

  • WNI dengan rentang umur 12 hingga 60 tahun.
  • Memiliki salah satu jenis tabungan di bank BCA
  • Mengisi form pembukaan rekening tabungan berjangka
  • Menyetujui syarat dan ketentuan dari tabungan berjangka dan juga asuransi jiwa

Itulah beberapa jenis tabungan dari Bank BCA yang bisa kalian pilih beserta persyaratannya. Pastikan kamu memilih jenis tabungan terbaik agar bisa memberikan manfaat yang maksimal untuk tabunganmu.