Alasan Milenial Harus Melek Investasi Sekarang 

Sekilas investasi sama pentingnya dengan menabung, menyisihkan sebagian uang yang kita punya untuk disimpan dan dipakai dalam waktu tertentu atau bahkan tidak tertentu. Bedanya adalah jika menabung yang disisihkan adalah uang dan berinvestasi adalah menyisihkan berbagai hal yang berpotensi dan berharga untuk nantinya berguna bahkan bertambah di kemudian hari. Investasi dapat berupa uang, emas, deposit, saham dan lain sebagainya. 

Saat ini mungkin masyarakat beranggapan bahwa berinvestasi hanyalah untuk orang-orang yang sudah hebat, memiliki banyak uang untuk menjadi investor sebuah perusahaan dengan mendapatkan beberapa saham dari perusahaan yang berjalan. Padahal banyak juga jenis investasi yang cocok untuk kamu para milenial selain saham yang tidak memerlukan modal investasi yang begitu besar. Kamu bisa investasi emas misalnya. 

Emas adalah salah satu jenis investasi yang banyak digemari oleh para investor, termasuk para investor muda. Maka dari itu, kamu bisa memulai investasi dari hal yang lebih kecil dulu. Lalu apa sih pentingnya investasi sekarang bagi milenial? Apa alasan milenial harus melek investasi sekarang? Yuk simak jawabannya. 

Siap Untuk Menghadapi Kenaikan Harga di Dunia yang Akan Datang

Tanpa disadari, seiring berjalannya waktu segala kebutuhan hidup akan terus bertambah. Mungkin saat kamu duduk di sekolah dasar kamu bisa membeli bakso dengan harga 5 ribu rupiah, tetapi saat ini satu bakso sudah naik dua kali lipat menjadi 10 ribu rupiah. Belum kebutuhan lainnya seperti beras, minyak pakaian dan masih banyak harga yang akan terus naik. 

Maka dengan kamu berinvestasi, kamu akan siap untuk menghadapi kenaikan harga yang pasti akan datang, misalnya saat ini usia kamu 20 tahun, di 10 tahun lagi dengan berinvestasi finansial kamu masih aman stabil. 

Memiliki Sumber Penghasilan Dari Muda

Siapa yang tidak ingin jika sedari muda, kamu sudah memiliki sumber penghasilan sendiri? Tidak perlu meminta uang pada orang tua, kamu bebas membeli apa saja dengan bebas. Bahkan bisa memberi sedikit untuk keluarga. Dengan berinvestasi akan sangat menghasilkan bagi kamu, milenial saat ini harus sudah punya penghasilan sendiri. 

Mencapai Finansial yang Stabil

Karena kamu sudah memiliki hasil dari berinvestasi, yaitu berupaya uang. Maka kamu akan merasakan kestabilan finansial sejak muda. Kestabilan finansial adalah kondisi dimana pendapatan yang kamu miliki cukup atau bahkan melebihi dari pengeluaran yang dibutuhkan. 

Memaksimalkan Uang yang Dimiliki

Sebagai milenial yang senang dengan kegiatan menghamburkan uang seperti hangout, nongkrong dan belanja kebutuhan yang tidak terlalu dibutuhkan. Jelas kebiasaan ini adalah cerminan bahwa kamu tidak dapat memaksimalkan uang yang dimiliki dengan baik. Padahal kamu bisa menjadikan uang itu lebih bermanfaat bahkan dapat menambah nilai uang dengan cara berinvestasi. 

Menghindari Berhutang

Dengan zaman yang semakin serba mahal, membeli perlengkapan sekolah atau sekedar membeli pakaian sehari-hari saja sudah sangat membebani keuangan. Belum lagi jika kamu memiliki keluarga yang serba kekurangan. Akan sangat memungkinkan membuat kamu berhutang kesana kemari. Padahal, hutang yang semakin menumpuk malah akan membuat keadaan semakin buruk. 

Maka dengan berinvestasi, kamu dapat memiliki penghasilan tambahan untuk membeli keperluan sehari-hari tanpa berhutang. 

Menyiapkan Biaya Untuk Nikah Muda

Saat ini banyak milenial yang baru berusia 20 tahunan sudah memantapkan untuk menikah muda, apakah kamu termasuk ke dalamnya? Tetapi, jangan salah mengambil keputusan. Menikah bukan hanya cukup mencintai pasangan, tetapi harus siap dalam kebutuhan finansial saat pernikahan sampai setelah menikah. 

Nah dengan kamu berinvestasi sejak dari sekarang, memungkinkan kamu memiliki dana tabungan untuk biaya menikah. Sehingga kamu siap menikah muda dan menghadapi kehidupan baru tanpa kesulitan ekonomi. 

Menyiapkan Pensiun Dini

Pensiun dini mungkin adalah sebuah keinginan yang diharapkan semua orang, menjalani masa-masa tua dengan menikmati hasil jerih payah disaat muda tanpa harus bekerja dengan sisa-sisa tenaga yang tak lagi sama kuat nya seperti dulu. Dengan kamu berinvestasi, berarti kamu sudah menyiapkan dana untuk pensiun di kemudian hari. 

Tetapi meskipun kamu sudah berinvestasi, untuk dapat mencapai tahap pensiun dini kamu tidak boleh seenaknya memakai uang saat muda, tetapi gunakan uang dengan bijak. Membeli apa yang dibutuhkan dan berhemat. Karena akan sia-sia saja jika kamu boros menggunakan hasil investasi. 

Nah itu dia beberapa alasan milenial harus melek investasi mulai dari sekarang. Jangan hanya melek saja, tetapi ikut bergerak dalam berinvestasi. Karena kamu tidak akan tahu bagaimana kondisi finansial mu kedepannya. Tidak apa-apa untuk selangkah lebih maju dari teman-teman yang senang menghamburkan uang mereka. Kamu akan mendapatkan hasil yang menguntungkan di kemudian hari. 

Tetapi sebagai milenial yang juga melek teknologi, kamu harus lebih teliti dan mengetahui dimana tempat kamu berinvestasi, karena maraknya investasi bodong yang malah akan merugikan kamu sejak muda. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kamu ya para milenial.