4 Keunggulan ATM Berbasis Chip

Sekarang ini pihak perbankan Indonesia sendiri sudah menggunakan dan memilih chip khusus pada ATM yang digunakan oleh masyarakat. Hal ini sebagai pengganti dari ATM gesek atau magnetic stripe yang ada, karena ketentuan dan kebutuhan tersebut akan diblokir pada akhir tahun yang tepatnya per 21 Desember 2021 ini nantinya yang semuanya diganti chip. 

Hal ini disesuaikan dengan kebutuhan dan ketentuan yang beredar dari aturan BI yang sudah ada sejak 30 Desember 2015 yang menyatakan kalau Standar Nasional Teknologi Chip yang ada harus digunakan dan diterbitkan di Indonesia, karena teknologi ini sudah digunakan dan dimanfaatkan oleh beberapa negara dan termasuk dalam standar dunia yang ada. 

Keunggulan ATM Berbasis Chip

Dengan beberapa pergantian yang ada dan pemenuhannya tersebut tentunya memberikan beberapa keunggulan yang bisa digunakan dan dimanfaatkan oleh masyarakat. Dalam tahap ini apabila Anda tertarik untuk menggunakannya dan masih memakai ATM yang lama, maka langsung saja datang ke bank terdekat untuk mengurus dan menggantinya. 

Berikut ini kami akan memberikan beberapa keunggulan dari ATM berbasis chip tersebut yang bisa Anda gunakan dan manfaatkan secara menyeluruh, simak penjelasan lengkapnya. 

1. Lebih Aman Bertransaksi 

Apabila Anda menggunakan ATM berbasis chip tentunya transaksi yang ada lakukan dan gunakan untuk kebutuhan sehari-hari akan jauh lebih aman. Apalagi dengan maraknya kasus ATM yang rentan menjadi sasaran tindakan kejahatan sudah bisa meminimalisirnya dari pergantian dan pemanfaatan ATM yang berbentuk chip tersebut secara menyeluruh. 

Karena beberapa kasus yang ada banyak yang terjadi dari penggunaan ATM yang kloningan atau penggandaan yang menggunakan basis magnetic stripe. Dengan adanya kebijakan baru ini dan menggunakan chip membuat semuanya jauh lebih aman dan terhindar dari berbagai permasalahan yang ada, sehingga langsung ganti ATM Anda ke basis chip penggunaannya. 

Hal ini dengan penggunaan yang menggunakan basis chip sendiri membuat semuanya akan jauh lebih aman dan data yang ada tidak mudah untuk disalah gunakan, termasuk dalam tahap ini dalam penggandaan dan skimming yang ada. Oleh karena itu dengan penggunaan teknologi baru ini membuat semua tindakan kejahatan yang ada akan bisa diatasi dan diminimalisir. 

Penggunaan ini memberikan banyak keuntungan dan manfaat yang jelas kepada masyarakat, sehingga dalam penerapannya pun yang menggunakan ATM ini hanya akan diproses apabila PIN yang akan Anda masukan sesuai dengan ATM atau EDC yang tepat dan benar. 

2. Penyimpanan Data Lebih Besar

Hal menarik dari penggunaan ATM yang berbasis chip ini adalah Anda akan mendapatkan penyimpanan data yang jauh lebih besar dibandingkan dengan teknologi yang lama. Dengan adanya kegiatan tersebut membuat beberapa transaksi yang diinginkan dan dibutuhkan tersebut akan jauh lebih cepat dan tidak begitu lama menantinya. 

Beberapa keunggulan inilah yang mendukung dan memajukan dalam proses untuk kebutuhan transaksi yang diinginkan dan diharapkan berjalan lancar. Oleh karena itu, beberapa keuntungan ini harus Anda gunakan dan manfaatkan secara maksimal. Sehingga penggunaan ATM chip sudah menjadi prioritas penting untuk kemajuan yang diinginkan didapatkan. 

Tidak hanya itu saja penyimpanan yang besar tersebut membuat mesin ATM yang Anda gunakan ketika hendak menarik uang atau kebutuhan transfer dapat dibaca lebih cepat dan tidak terlalu lama menunggunya. Dengan demikian waktu tunggu pada mesin ATM atau EDC yang ada membuat Anda akan jauh lebih mudah dan tidak menimbulkan antrian yang panjang.

3. Jumlah Nominal Transaksi Besar

Sebelumnya ketika Anda menggunakan ATM yang berbasis magnetic stripe ada beberapa pembatasan dalam kebutuhan untuk nominal transaksinya. Hal ini terkait dengan yang sebelumnya untuk kebutuhan nominal transaksi hanya 10 juta rupiah menjadi 15 juta rupiah, sehingga ada beberapa peningkatan yang jelas dan lebih besar dari sebelumnya. 

Tidak hanya itu saja, ada beberapa aturan yang ada untuk kebutuhan transfer antar bank bisa menggunakan dan memaksimalkan semuanya yang sebelumnya hanya dengan limit 25 juta rupiah menjadi 50 juta rupiah. Semuanya kebutuhan yang ada tersebut disesuaikan dan dilakukan berdasarkan pada kepentingan yang ada, sehingga masih harus disesuaikan ATM yang digunakan dan kebijakan yang diberikan oleh pihak bank. 

4. Sulit Untuk Digandakan

Selanjutnya keunggulan dari penggunaan ATM berbasis chip adalah kartu yang Anda miliki tersebut tidak akan mudah untuk digandakan oleh beberapa oknum yang tidak bertanggung jawab. Hal ini tentunya membuat semuanya akan jauh lebih aman dan terhindar dari berbagai kerugian akibat penipuan yang sering marak terjadi tersebut. 

Proses ini bisa terjadi akibat adanya penyimpanan data yang offline dan online yang tersimpan dengan jelas, sehingga sulit untuk orang salah memanfaatkannya. 

 

Nah, itulah beberapa keunggulan dari ATM yang berbasis chip yang bisa Anda manfaatkan dan gunakan semuanya secara menyeluruh. 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *