synergy2000.net – Berbisnis bisa dilakukan oleh semua kalangan sekalipun mahasiswa. Sudah banyak pebisnis muda yang sukses dengan segala terobosan barunya. Saat ini bisnis yang begitu dilirik adalah bisnis Coffee Shop. Bahkan bisa dikatakan jika bisnis satu ini kini kian hari kian menjamur. Karena selain dijadikan untuk memenuhi kebutuhan pecinta kopi, coffee shop juga menjadi tempat nongkrong. Bagi kamu yang ingin memulai bisnis coffee shop ini, bisa simak tipsnya berikut.

Tips Mudah Dalam Memulai Bisnis Kopi Untuk Mahasiswa

  1. Pastikan Modal Mencukupi

Meskipun kamu masih sebagai mahasiswa dan ingin membuka usaha, tentunya kamu tahu jika usaha tidak akan berjalan tanpa adanya modal. Modal untuk membuka coffee shop tentunya tidak sedikit, terutama jika kamu ingin langsung besar dan menggunakan alat canggih. Namun bukan berarti dengan modal minim, kamu tak bisa membuka bisnis yang begitu ramai ini. Modal untuk bisnis ini bisa dimulai dengan dana kisaran Rp. 1 jutaan.

lokasi coffee shop

Modal tersebut tentunya bukan modal wajib, karena kebutuhan setiap orang berbeda. Modal yang telah disebutkan bisa digunakan dengan baik jika tempat untuk membuka bisnis sudah dimiliki. Kamu bisa menggunakan alat alat manual dan sederhana terlebih dahulu. Poin pertama masalah modal ini harus kamu sesuaikan dengan kebutuhan dan keadaan finansial. Jangan tiba tiba langsung membuka yang mewah padahal modalnya tak cukup.

  1. Membuat Rencana Bisnis yang Solid

Setelah memiliki modal, kamu harus merencanakan atau membuat sebuah rencana bisnis yang solid. rencana bisnis dan modal ini berjalan berdampingan sehingga dilakukan di awal sebelum bisnis kamu jalankan. Apalagi persaingan pasar kini makin hari makin memanas sehingga harus dipikirkan dengan matang. Dalam menentukan rencana bisnis, kamu sudah harus tahu siapa target konsumen kopi kamu nantinya, strategi promosi, pesaing hingga konsepnya.

Semua yang ada dalam rencana ini akan berpengaruh dalam jalannya bisnis kopi kamu. Misalnya kamu ingin mengusung konsep yang sederhana tetapi modern. Maka kopi yang bisa kamu sediakan harus yang sesuai dengan konsep maupun target konsumennya. Dalam rencana ini kamu harus mempertimbangkan segala risiko dan peluangnya. Kamu juga harus berinovasi agar membuat bisnis ini terlihat lebih unik sehingga menarik calon pelanggan.

Baca Juga : 5 Tips Memilih Aplikasi Pinjaman Online Terbaik

  1. Menentukan Lokasi yang Tepat

Membuka coffee shop, berarti kamu juga harus menentukan lokasi yang tepat. Sebenarnya semua usaha membutuhkan lokasi yang strategis dan baik. Jika memang target konsumenmu mahasiswa, maka kamu bisa mencari yang dekat dengan kampus.

Kamu bisa melakukan riset apakah di lokasi tersebut sudah ada pesaing dan pola konsumsi target kamu. Lebih mudah kamu membeli bangunan bekas rumah makan sehingga lebih hemat.

  1. Membangun Tempat Dengan Pembagian yang Baik

Sekalipun kamu ingin membangun atau memiliki coffee shop yang sederhana, soal tempat kamu juga harus memikirkan dengan matang. Apalagi saat ini banyak orang yang tertarik mampir karena melihat tempatnya dahulu. Ada berapa kursi yang dibutuhkan, bagaimana kamu meletakkan barang penting, dan sebagainya. Hal ini harus dipikirkan dengan matang ketika kamu sudah mulai membangun tempat untuk coffee shop kamu.

  1. Membangun Jaringan yang Luas

Ketika kamu akan berbisnis, maka kamu harus membuka jaringan yang luas. Kamu bisa sering berkunjung ke coffee shop untuk melakukan riset sekaligus membuka jaringan. Ada baiknya jika kamu bisa menghubungi ownernya agar bisa sharing.

memulai usaha coffee shop untuk mahasiswa

Dalam hal ini kamu harus pandai berramah tamah sehingga kamu bisa berteman dengan mereka. Bukan hanya yang berada di atas, kamu juga harus membangun jaringan dengan calon pelanggan.

  1. Memulai Pemasaran Sebelum Membukanya

Meskipun saat ini coffee shop kamu belum benar benar siap, kamu sudah harus memulai proses pemasaran kamu. Strategi marketing sudah harus dimulai sebelum bisnis itu sendiri dimulai. Jika tidak nantinya kamu akan ketinggalan jauh di belakang. Tak harus melakukan pemasaran yang mahal, kamu bisa memulai dengan langkah yang mudah. Seperti memulai dengan promosi media sosial yang sedikit banyak membantu bisnis berkembang.

Ketika ada event lokal, kamu bisa membagikan sampel kopi sembari menyebarkan flyer. Yang jelas cara cara ini akan membantu mengabarkan kepada calon konsumen jika akan ada kopi yang segera hadir. Proses pengenalan produk bukanlah hal yang mudah, membutuhkan banyak waktu sehingga lebih baik dimulai lebih awal. Manfaatkan apa saja yang sekiranya bisa kamu manfaatkan segera dan tak membutuhkan banyak biaya.

Beberapa pebisnis memilih untuk mengelola coffee shopnya dengan beberapa orang saja dan bahkan turun langsung. Sebab ketika kamu baru membuka, sebaiknya tak langsung mempekerjakan banyak karyawan. Dalam bisnis kamu dituntut untuk selalu peka dengan sekitar, baik dari pasar saat ini hingga trend yang sedang berkembang. Begitu juga dengan bisnis coffee shop yang harus dimulai dengan banyak riset dan mempelajari banyak hal.

Tagged : # # #

admin