synergy2000.net – Saat ini trend pinjaman online dikalangan masyarakat memang lagi ramai ramainya dan banyak dimanfaatkan oleh sebagian masyarakat di Indonesia. Tentu dengan hadirnya layanan pinjaman online, dapat mempermudah dalam melakukan pinjaman online apalagi dengan syarat pinjaman yang tidak terlalu sulit dan pencairan dana yang cepat semakin menarik minat banyak orang untuk memanfaatkan pinjaman online tersebut untuk berbagai macam keperluan.

Saat ini bahkan ada lebih dari 100 penyedia layanan pinjaman online yang tersebar di Indonesia. Tentu dengan semakin banyaknya layanan tersebut masyarakat memiliki banyak pilihan dan opsi layanan mana yang cocok bagi mereka. Diantara banyaknya layanannya pinjaman online tersebut tentu ada banyak juga layanan pinjaman online ilegal atau abal abal yang tidak direkomendasikan oleh otoritas jasa keuangan Indonesia ( OJK ).

Maka dari itu bagi anda yang ingin melakukan pinjaman online, sebaiknya perlu lebih berhati hati dan lebih bijak dalam memilih layanan pinjaman online yang aman dan terpercaya. Salah satu solusi agar dapat menemukan layanan pinjaman online yang aman dan terpercaya adalah dengan memilih layanan pinjaman online yang sudah terdaftar oleh otoritas jasa keuangan ( OJK ).

Tunaiku, Salah Satu Pinjaman Online Terdaftar di OJK 

Salah satu layanan pinjaman online yang sempat terdaftar di OJK adalah Tunaiku yang berada di bawah naungan atau fintech milik PT Bank Amar Indonesia atau yang dikenal dengan nama Bank Amar. Walaupun sudah tidak terdaftar di OJK pada tahun 2018 , Tunaiku tetap masuk pengawasan OJK dengan tujuan agar dapat memaksimalkan kinerja sebagai produk bank dalam penyedia layanan pinjaman online dan mewujudkan keuangan digital yang tetap berkelanjutan.

status pinjaman tunaiku terdaftar OJK

Jika dibandingkan dengan fintech pinjaman online lainnya, Tunaiku menawarkan berbagai macam keuntungan dan kelebihan yang bisa anda jadikan opsi sebagai tempat pinjaman online. Salah satu bentuk keunggulan yang dimilikinya adalah adanya fitur Tunaiku yang memberikan rentang pinjaman mulai dari 2 juta hingga 20 juta rupiah. Serta cicilan pembayaran atau tenor mulai dari 6 bulan hingga 20 bulan.

Perbedaan Tunaiku yang terlihat jika dibandingkan dengan fintech pinjaman online lainnya adalah jumlah pinjaman pertama. Jika pada fintech lain memberikan 3 juta rupiah untuk pinjaman pertama, Tunaiku berani memberikan pinjaman mulai dari 5 juta hingga 20 juta. Selai itu tenor waktu pembayaran juga lebih lama jika dibandingkan dengan fintech pinjaman online lainnya.

Baca Juga : Tunaiku Solusi Hebat untuk Permasalahan Keuangan

Langkah Registrasi Pinjaman Online di Tunaiku 

Dari penjelasan diatas bisa dilihat bahwa Tunaiku memiliki kelebihan yaitu memiliki plafon dengan jumlah yang besar dan waktu tenor yang lebih lama. Bagi anda yang baru dan ingin melakukan pinjaman online di Tunaiku ada beberapa step yang perlu anda lakukan, antara lain sebagai berikut :

  • Mengunduh Aplikasi Tunaiku di Google Play Store

Selain melakukan pinjaman secara online, anda juga bisa melakukan pinjaman online dengan mengunjungi situs Tunaiku. Setelah mengunduh aplikasi tersebut akan muncul pilihan sebagai peminjam baru dan masuk ke akun jika anda sudah memiliki akun sebelumnya.

  • Memilih Pinjaman dan Waktu Pembayaran Cicilan

Pada halaman ini akan muncul simulasi pinjaman dan waktu tenor sehingga anda mengetahui berapa biaya yang akan bayar sesuai jumlah pinjam uang dan waktu tenornya. Anda perlu mengetahui juga pinjaman ini hanya tersedia di wilayah tertentu saja seperti Jawa, Sumatera dan daerah atau kota lainnya.

  • Mengisi Data Diri

Tahap selanjutnya adalah mengisi data diri dengan lengkap sesuai identitas KTP dan juga pekerjaan. Persyaratan umur untuk melakukan pinjaman online adalah 21 tahun hingga 55 tahun. Sedangkan untuk pendapatan pekerjaan minimal penghasilan per bulan adalah 1 juta rupiah. 

Tunaiku merupakan bagian dari bank, maka pihak bank akan menemui anda untuk melakukan tanda tangan kontrak. Hal ini berbeda dengan fintech pinjaman online yang semua dilakukan secara online. Setelah mengisi semua data dan formulir pihak bank akan memverifikasi data sebelum menyetujui pinjaman anda.

  • Setelah Diverifikasi Anda akan Diminta untuk Menandatangani Perjanjian Pinjaman Diatas Materai. Dan Menunggu Dana Pinjaman Masuk ke Rekening Anda.

Dari kontrak dan perjanjian pinjaman tersebut anda akan dijelaskan mengenai denda pembayaran yang berlaku ketika telat dalam pembayaran. Terdapat 2 jenis biaya denda pembayaran yang dihitung, yang pertama adalah biaya jatuh tempo sejumlah 100 ribu per bulannya. Yang kedua adalah biaya keterlambatan per hari sebesar 0,16 % dari total tunggakan. Semakin lama maka semakin banyak biaya denda yang harus anda bayar.

Karena Tunaiku merupakan pinjaman online yang dimiliki oleh bank, maka bunga cicilan lebih rendah dari fintech lainnya, namun proses pencairan dananya lebih lama dan terdapat proses kunjungan ke tempat anda kerja untuk tanda tangan perjanjian pinjaman. Setiap layanan pinjaman online memiliki kelebihan dan kekurangan masing masing dan anda perlu memperhatikan hal tersebut sebelum melakukan pinjaman.

Tagged : # # # #

admin