synergy2000.net – Nama Prita Hapsari Ghozie sudah lama terkenal sebagai konsultan finansial atau istilah mudahnya perencana keuangan. Profesi yang ditekuni sosok ini juga banyak mulai dari menjadi istri dan ibu dari dua orang anak, seorang financial planner, dosen, dan masih banyak lagi.

Ada sebuah kalimat dari Prita Hapsari Ghozie yang menjadi cita-cita luhurnya yaitu: 

“Semua orang bisa memperoleh hidup yang indah dan sejahtera”

Sungguh pribadi yang menarik dari seorang financial planner terkenal. Mari kita cari tahu lebih lanjut profil dari perencana keuangan yang telah mencapai prestasi tertinggi dalam hidupnya ini. 

Mengenal Profil dari Prita Hapsari Ghozie

Profesi yang ditekuni sosok ini adalah financial planner. Prita Hapsari Ghozie atau lebih dikenal dengan nama Prita Ghozie memiliki impian besar membantu setiap orang agar dapat menjalankan hidup sejahtera. 

Demi mewujudkan impiannya, maka sebuah konsep bernama ZAPFIN Your Money mulai diperkenalkan oleh Prita. Adapun kegunaan dari konsep ini adalah menjadi sebuah tools dalam mengatur finance atau keuangan pribadi kliennya. Selain konsep ZAPFIN Your Money, Prita juga mengembangkan aplikasi yang dapat digunakan klien untuk merencanakan keuangan sendiri. 

Bantuan dari Prita Ghozie atau seorang financial planner memang dibutuhkan dalam mengatur keuangan yang kacau. Mintalah bantuan pada konsultan finansial apabila ingin memiliki banyak aset sebelum menginjak usia 40 tahun. Kondisi keuangan yang sehat dapat membuat hidup Anda lebih sejahtera di masa mendatang. 

Perjalanan Menjadi Seorang Perencana Keuangan

Sepertinya sudah dari kecil pengelolaan keuangan menarik minat Prita. Sejak menginjak usia remaja, produk reksa dana sudah dikenal oleh alumni Universitas Indonesia ini. Sejak remaja, financial planner ini menjalani profesi model dan mengajar balet untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Dari kemampuannya mencari uang tersebut, maka semakin meningkat pula pundi-pundi tabungan yang dikumpulkannya. 

Mengenyam Pendidikan Bidang Keuangan 

Semenjak menempuh pendidikan di salah satu universitas terkemuka di Indonesia, semakin tajam pula kemampuan hitung menghitung Prita. Setelah lulus dari Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, tahun 2002 Prita melanjutkan pendidikan di University of Sydney pada program master. 

prita ghozie

Sosok perencana keuangan ini mulai berkecimpung dalam dunia finansial setelah mendapat dukungan dari ayah dan orang-orang sekitarnya. Atas dasar pertimbangan tersebut, pendidikan bidang perencanaan keuangan mulai ditekuni oleh Prita Ghozie. 

Pada tahun 2003, gelar Graduate Certificate in Financial Planner berhasil didapatkan Prita di Melbourne. Gelar ini didapat setelah mengikuti pendidikan di FINSIA (Financial Service Institute of Australia) program master bidang perencanaan keuangan. 

Baca Juga : Tips Mengelola Keuangan Untuk Merintis Usaha Pakaian Anak

Menjalani Profesi Country Treasury Analyst

Setelah mendapatkan gelar tersebut, financial planner ternama ini tidak langsung menekuni bidang perencanaan keuangan. Prita terlebih dahulu bekerja di perusahaan multinasional sebagai Country Treasury Analyst pada tahun 2005 – 2009. 

Selama bekerja di perusahaan multinasional tersebut, telah banyak prestasi yang pernah diraih oleh Prita Ghozie. Setelah mengundurkan diri, barulah kemudian sosok ini mulai menekuni profesi konsultan keuangan.

Menggeluti Dunia Konsultan Keuangan

Berkat nasehat dari ayahnya, Prita merasa sangat bersyukur. Telah terbukti di Indonesia sedang bertumbuh pesat kalangan menengah ke atas dalam beberapa tahun terakhir. Sehingga, bagian perencana keuangan menjadi sangat dibutuhkan akibat dari pertumbuhan tersebut. Dan salah satu perencana keuangan paling dicari masyarakat Indonesia saat ini adalah sosok financial planner bernama Prita Hapsari Ghozie. 

Adapun segmen masyarakat yang diincar perencana keuangan ini adalah para wanita. Prita berharap mulai dari usia dini semua wanita di Indonesia mampu mengatur dan mengelola keuangan demi masa depannya. Wanita dituntut untuk mampu mengelola keuangan sejak muda karena perannya dalam keluarga nanti adalah sebagai yang mengatur anggaran belanja. 

Di Indonesia sendiri faktanya sedikit sekali wanita yang mengerti cara mengelola keuangan dan lebih banyaknya tidak berdaya karena belum terbiasa sejak masih muda. Sangat penting mempelajari bagaimana cara membuat rencana keuangan agar kehidupan di masa depan mencapai tingkatan lebih baik dari saat ini. 

Beberapa Tips dalam Perencanaan Keuangan dari Prita Ghozie

Apa yang akan Anda lakukan saat pensiun dan bagaimana dana pensiun dipersiapkan? Agar tidak menjadi beban bagi keluarga di masa tua nanti, maka penting merencanakan tujuan masa depan mulai dari saat ini. Maka dari itu, pelajari beberapa tips dari Prita Hapsari Ghozie terkait masalah perencanaan keuangan Anda.

  • Sisihkan minimal 5% dari pendapatan tiap bulan bagi kaum wanita. Tidak boleh mengotak-atik uang yang dianggap sebagai dana darurat tersebut. 
  • Jangan anggap yang disisihkan sebagai simpanan. Berlakukan pula aturan hanya boleh sekali mengeluarkan uang tabungan. Jadi, lebih sering memasukkan uang ke tabungan bukan malah lebih banyak mengeluarkannya. 
  • Membuat pembagian penghasilan antara suami istri. Untuk menghidupi keluarga menggunakan penghasilan suami, sedangkan untuk istri menggunakan uang penghasilannya.

Itulah profil perencana keuangan Prita Hapsari Ghozie berikut dengan beberapa tips dalam perencanaan keuangan yang sering diterapkan pada kliennya. Jika ingin menjalani hidup sejahtera maka gunakan jasa seorang financial planner apabila kurang mengerti cara mengelola uang yang baik dan benar.  

 

Tagged : # # # #

admin