Pengertian, Fungsi dan Tugas Bank Sentral Dalam Suatu Negara

Apa itu Bank Sentral? Untuk beberapa orang mungkin sudah mengetahui tugas dan peranan terhadap lembaga keuangan di Indonesia. Tetapi, kebanyakan masyarakat umum masih belum terlalu mengenal dan memahaminya fungsi serta kebutuhannya. Padahal kehadirannya sendiri mempunyai dampak untuk keuangan dalam negara. 

Secara sederhana bank sentral itu untuk mengatur dan menetapkan suatu kebijakan terhadap moneter. Dengan demikian fungsinya untuk kebutuhan pengaturan terhadap pembiayaan dan pengawasan bank-bank umum yang ada. Pada kesempatan kali ini kami mencoba untuk memberikan beberapa gambaran lengkap mengenai bank sentral tersebut, yuk simak. 

Pengertian Bank Sentral 

Bank Sentral merupakan instansi yang memiliki tanggung jawab terhadap kebijakan moneter dalam suatu wilayah. Secara umum Bank Sentral dapat dipahami untuk memenuhi kebutuhan dalam menjaga stabilitas yang berkaitan dengan harga dan nilai mata uang. Untuk lebih mudahnya lagi Bank Sentral itu untuk mengatur dan menjaga inflasi tetap aman. 

Menurut Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2004 menjelaskan pengertian dari Bank Sentral adalah lembaga milik negara yang memiliki kewenangan untuk mengeluarkan mata uang atau alat pembayaran yang sah terhadap suatu negara, mengatur kebijakan moneter, dan menjaga untuk kelancaran pembayaran, dan mengawasi perbankan yang ada. 

Untuk negara Republik Indonesia, Bank Sentral itu mungkin bisa dilihat dari adanya Bank Indonesia yang peran dan fungsi nya sama dengan dengan Bank Sentral. Untuk itu, pengertian dari Bank Sentral yaitu suatu lembaga negara yang berdiri sendiri atau independen dalam melaksanakan tugas dan wewenang yang ada tanpa ada campuran dari pemerintah. 

Kebutuhannya sendiri untuk mengatur dan mengawasi kebijakan moneter agar dapat berjalan secara optimal dan menjaga kestabilan mata uang dalam negara. Untuk Bank Indonesia tentunya memberikan pengawasan penuh dalam menjaga mata uang Rupiah. 

Fungsi dan Tugas Bank Sentral 

1. Membuat Kebijakan Moneter

Hal pertama kali yang menjadi fungsi dan tugas dari Bank Sentral itu melakukan penetapan dan pelaksanaan terkait kebijakan moneter. Hal ini mencakup pada menetapkan diskonto, jumlah cadangan, dan kebijakan terkait pembiayaan atau kredit. Tidak hanya itu saja, beberapa bagiannya untuk mengatur dan menjaga inflasi tetap pada level aman. 

Bahkan, fungsi dan tugas dari Bank Sentral tersebut mempunyai wewenang terkait dalam mengendalikan moneter yang ada dengan tindakan yang tidak ada batasan. Dalam artian termasuk dalam melakukan kegiatan melalui pasar uang secara terbuka. Kondisi ini tentunya memberikan banyak kepentingan untuk stabilitas dalam negara. 

2. Mengatur Pembayaran 

Bank Sentral itu memiliki tanggung jawab yang lebih luas, semuanya memberikan beberapa regulasi dan pengawasan secara menyeluruh. Hal inilah tentunya menjadi beban tersendiri untuk memberikan roda ekonomi tetap aman dan tidak mengalami dampak yang besar kedepannya, sehingga harus diperhatikan dengan sangat jelas. 

Dalam tahap ini Bank Sentral itu mempunyai beberapa wewenang mulai dari menentukan dan menetapkan terkait alat pembayaran, membuat dan memberikan izin terkait adanya sistem untuk pembayaran, dan terakhir melakukan pengawasan terkait kebijakan tersebut. Semuanya diatur dan dipahami dari awal sampai akhir. 

3. Mengatur dan Mengawasi Perbankan 

Tidak hanya mengawasi terkait pembayaran saja, namun Bank Sentral memiliki tanggung jawab dalam mengatur dan mengawasi bank-bank yang ada. Khususnya di Indonesia Bank Indonesia bertanggung jawab terhadap beberapa bank yang beroperasi di dalam negeri. Sehingga dapat berjalan maksimal dan menghindari berbagai permasalahan yang akan merugikan. 

Mengenai beberapa kebijakannya tersebut ada empat peranan, mulai dari memberikan kebijakan terkait pelaksanaan bank di Indonesia, memberikan sanksi apabila beberapa bank yang tidak mematuhi atau melanggar beberapa hal yang telah ditetapkan dalam UU, mempunyai otoritas mencabut izin, dan mengawasi kegiatan perbankan. 

4. Penyimpanan Kas Negara

Untuk menjaga keuangan negara, maka Bank Sentral mempunyai wewenang dalam mengatur dan menjaga semuanya secara menyeluruh. Termasuk untuk kebutuhan kas negara, Bank Sentral dipercaya menjadi tempat penyimpanan seluruh keuangan negara. Sehingga berbagai kebutuhan yang ada harus melalui Bank Sentral terkait pendanaan dan sebagainya. 

Dalam tahap ini di Indonesia untuk kebutuhannya sendiri langsung berkoordinasi dengan Menteri Keuangan dalam pembuatan untuk laporan, penyimpanan, pengeluaran, dan pinjaman dari luar negeri. Semuanya ini menjadi fungsi dan tugas dari Bank Indonesia untuk menjamin permodalan dalam negeri untuk berjalannya suatu negara. 

5. Memberikan Bantuan Perbankan Kritis

Jika dalam kasus tertentu ada beberapa perbankan yang mengalami permasalahan, maka Bank Sentral bisa membantu untuk mengatasi permasalahan tersebut. Pada tahap ini Bank Sentral mencari bantuan dan memberikan pendanaan agar perbankan yang telah beroperasi tersebut dapat kembali beraktivitas dan menghindari gulung tikar. 

Hal inilah yang menjadikan Bank Sentral itu sebagai jaring untuk keamanan terhadap sistem keuangan dalam negara atau dikenal juga sebagai Lender of The Last Resort. 

Nah, demikianlah ulasan lengkap mengenai Bank Sentral. Semoga beberapa informasi diatas dapat membantu Anda untuk memahaminya. 

Download sekarang juga: Aplikasi Senyumku

Published
Categorized as Ulasan

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *