synergy2000.net – Terdapat banyak hal yang harus dipersiapkan demi masa depan sang buah hati. Salah satunya adalah mengenai masalah pendidikan bagi mereka. Diperlukan langkah yang tepat sebelumnya demi pendidikan yang terbaik untuk si kecil di masa mendatang. Salah satu langkah yang bisa Anda lakukan adalah mempersiapkan tabungan pendidikan bagi mereka. Lalu bagaimana tips dalam merencanakan dana pendidikan untuk sang buah hati tersebut?

Tips Merencanakan Dana Pendidikan Bagi Sang Buah Hati

  1. Memilih Sekolah yang Diinginkan

Hal pertama yang dapat Anda lakukan dalam proses perencanaan ini ialah dengan memilih sekolah yang diinginkan terlebih dahulu. Anda bisa mencari informasi mengenai sekolah yang ada secara mendetail. Seperti misalnya ialah keunggulan dan juga kekurangan yang dimiliki oleh sekolah tersebut. Informasi lain berupa fasilitas di dalam sekolah yang ada juga bisa Anda pertimbangkan sebelumnya.

memilih sekolah untuk anak

Di era modern seperti saat ini, juga terdapat banyak jenis sekolah yang dapat Anda pilih bagi sang buah hati. Contohnya ialah sekolah swasta, negeri, dan juga sekolah internasional. Terdapat pula pilihan lain berupa program homeschooling yang dapat Anda berikan untuk si kecil. Tentu saja pemilihan sekolah ini harus dilakukan secara bijak dengan pertimbangan yang matang di baliknya.

  1. Melakukan Riset Mengenai Jumlah Biaya

Setelah memilih jenis sekolah yang dirasa paling cocok, Anda dapat melakukan riset berupa jumlah biaya yang diperlukan untuk memperoleh fasilitas pendidikan di dalamnya. Riset ini juga bisa Anda lakukan dengan langkah yang terbilang sederhana. Perhatikan hal hal yang mendasar dari anggaran yang harus Anda keluarkan jika si kecil masuk ke sekolah tersebut.

Seperti misalnya uang SPP, uang pangkal, uang bulanan, ongkos transportasi, dan juga biaya untuk buku serta seragam sekolah mereka. Tak hanya itu, Anda juga dapat mencari tahu mengenai adanya kenaikan biaya yang dapat terjadi pada lembaga pendidikan tersebut demi memperoleh hasil yang akurat. Setelah mengetahui biaya yang ada, Anda dapat membandingkannya dengan sarana dan prasarana yang akan diperoleh oleh anak.

Baca Juga : Pilih dan Atur Sendiri Produk Keuangan Anda Sesuai Kebutuhan

  1. Melakukan Evaluasi Keuangan

Melakukan evaluasi keuangan adalah langkah selanjutnya setelah melakukan riset mengenai jumlah biaya yang harus dikeluarkan. Cara melakukan evaluasi keuangan ini juga terbilang mudah untuk diterapkan. Seperti misalnya dengan menghitung jumlah pendapatan yang Anda miliki dan berapa jumlah dana yang dapat disishkan untuk digunakan sebagai dana pendidikan sang buah hati kelak.

evaluasi keuangan

Dana pendidikan yang diperuntukkan bagi si kecil juga layak untuk Anda perhitungkan secara matang. Karena dengan jumlah yang memberatkan tentu akan mengganggu anggaran biaya untuk pengeluaran yang lainnya. Seperti misalnya mengganggu pengeluaran pokok berupa biaya sewa atau cicilan rumah, kebutuhan makanan sehari hari, dan juga dana darurat yang harus dipersiapkan dengan baik.

  1. Memilih Tabungan Pendidikan Bagi Anak

Dapat diketahui sebelumnya bahwa tabungan pendidikan memiliki perbedaan dengan asuransi pendidikan. Asuransi pendidikan sendiri ialah gabungan dari asuransi jiwa berjangka dengan tabungan. Setoran dana yang Anda berikan akan menjadi jaminan bagi pendidikan sang buah hati. Sementara untuk tabungan pendidikan ialah jenis tabungan berjangka yang telah dijamin oleh pihak LPS (Lembaga Penjaminan Simpanan).

Anda dapat memilih tabungan pendidikan tersebut demi masa depan sang buah hati kelak. Namun tentu saja saat Anda memilih tabungan pendidikan, maka Anda harus menyetorkan dana tertentu setiap bulan. Keuntungan dari jenis tabungan ini adalah dana dapat dipastikan aman karena dana dengan nilai maksimal 2 miliar rupiah telah dijamin dengan adanya LPS tersebut. Sehingga Anda tidak perlu khawatir akan bank yang ada dilikuidasi atau bangkrut.

  1. Melakukan Investasi untuk Mengumpulkan Dana

Untuk mengumpulkan dana pendidikan bagi sang buah hati terdapat beberapa cara yang bisa Anda lakukan. Salah satu cara tersebut ialah dengan melakukan investasi pada berbagai jenis produk investasi yang ditawarkan saat ini. Seperti misalnya investasi berupa logam mulia atau emas. Anda juga dapat menggunakan produk keuangan berupa reksadana untuk digunakan dalam berinvestasi.

melakukan investasi keuangan

Dengan investasi yang dilakukan akan memberikan penghasilan tambahan bagi Anda. Namun tentu saja diperlukan strategi yang jitu sebelum mulai terjun di bidang investasi ini. Karena setiap jenis investasi juga memiliki risiko di dalamnya. Jenis investasi sendiri juag dapat dibagi menjadi 2 macam secara umum, yaitu investasi dengan jangka panjang dan  jangka pendek. Keuntungan dari kedua jenis investasi ini juga akan cenderung berbeda.

Demi pendidikan terbaik bagi sang buah hati di masa mendatang, terdapat beberapa cara yang bisa Anda lakukan. Salah satunya adalah dengan menggunakan tabungan pendidikan anak. Namun tentu saja perlu dilakukan langkah tertentu yang ada di baliknya. Mulai dari memilih sekolah yang diinginkan dan juga melakukan riset pada jumlah biaya yang harus dikeluarkan. Untuk mengumpulkan dana pendidikan tersebut dapat pula diperoleh dengan cara berinvestasi.

Tagged : # # #

admin