Manfaat Berinvestasi Sedini Mungkin

Berinvestasi merupakan kegiatan mengumpulkan dana agar bisa mendapatkan keuntungan finansial di masa yang akan datang. Banyak sekali yang masih belum menyadari seberapa pentingnya investasi untuk masa depan, bahkan masih ada yang menganggap remeh kegiatan ini. Padahal jika sudah belajar investasi secepat mungkin akan mampu memberikan manfaat di masa depan. Jadi, apa saja manfaat berinvestasi dari usia dini? Ikut terus ulasan di bawah ini. 

Manfaat Investasi di Masa Depan 

Dalam menjalani hidup, sudah jelas kita harus memikirkan masa depan. Di mana berinvestasi adalah salah satu cara agar Anda bisa nyaman dalam urusan finansial di masa depan. Tapi, apa saja manfaat investasi ini di masa depan? Berikut ini adalah manfaatnya:

  • Aset dan kekayaan akan terus meningkat 

Investasi banyak sekali jenisnya, di mana biasanya investasi ini memiliki prospek dan resiko masing-masing. Salah satu jenis investasi yang cukup menjanjikan dan semakin naik adalah property. Semisalnya Anda membeli tanah beserta bangunan dengan harga 200 juta rupiah, di mana dalam 5 tahun kedepan harganya sudah menjadi 300 juta rupiah. 

Walaupun tidak berbentuk uang tunai, tapi kenaikan harga tersebut akan menjadi aset yang dapat dijual kapanpun ketika Anda membutuhkan. Bahkan rumah juga dapat Anda sewakan kepada orang lain dengan keuntungan yang didapatkan adalah pembayaran sewa per tahun. Jadi sudah jelas, bahwa aset serta kekayaan akan terus meningkat dengan Anda berinvestasi secepatnya. 

  • Agar terlindung dari inflasi 

Setiap tahunnya inflasi akan terjadi terhadap mata uang, di mana kenaikan inflasi akan sangat berpengaruh kepada perekonomian negara. Inflasi yang naik juga akan mempengaruhi daya jual beli di masyarakat yang sudah pasti akan semakin turun. Dengan berinvestasi secepat mungkin, maka Anda bisa terhindar dari masalah tersebut. Hal ini sangat penting sekali untuk dilakukan agar modal yang sudah tersimpan tidak terkikis oleh inflasi. 

  • Memenuhi kebutuhan di masa mendatang 

Seperti penjelasan pada poin pertama, di mana dengan berinvestasi berarti Anda sudah memiliki tabungan masa depan. Sehingga pemenuhan kebutuhan pun akan terpenuhi tanpa perlu repot mencari lagi. Di mana jika memang sangat dibutuhkan, maka aset dapat dijual untuk mendapatkan tambahan finansial. 

  • Gaya hidup hemat

Dengan berinvestasi pun Anda juga akan memiliki gaya hidup yang lebih hemat. Investasi sendiri harus lakukan jika memang kebutuhan pokok telah terpenuhi. Apabila memang ada sisa dana, maka Anda bisa melakukan investasi. Dari sinilah maka akan tercipta gaya hidup hemat, karena Anda memikirkan kebutuhan masa depan dari pada keinginan sesaat yang tidak perlu. 

  • Bebas dari hutang 

Manfaat lainnya yang dapat diperoleh dengan berinvestasi semenjak dini adalah bebas dari hutang. Kebutuhan mendadak tentu saja akan bisa menimpa siapa saja, di mana jika Anda tidak memiliki tabungan ataupun investasi maka berhutang adalah salah satu solusi yang kebanyakan dipilih. 

Berhutang memang sangat membantu, namun akan menjadi boomerang jika dilakukan terus menerus. Maka dari pada itu, ada baiknya Anda mulai berinvestasi agar tidak memiliki hutang di masa depan. 

Dari manfaat tersebut, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa berinvestasi adalah hal penting agar nantinya Anda memiliki keamanan finansial yang sudah terjamin untuk di masa depan. 

Jenis Investasi yang Cocok Untuk Pemula 

Setelah mengenal manfaat apa saja dari berinvestasi, maka selanjutnya Anda harus mengetahui jenis investasi apa saja yang cocok untuk pemula. Berikut ini adalah jenis-jenisnya: 

  • Reksadana 

Investasi pertama yang saat ini sedang trend dikalangan milenial adalah reksadana. Jenis investasi yang satu ini sangatlah mudah dilakukan, di mana Anda hanya perlu mencari reksadana yang sudah terpercaya. 

Cara kerjanya pun tidaklah rumit, Anda hanya perlu menanamkan sejumlah dana pada satu reksadana. Nantinya, Anda hanya perlu mengawasi pergerakan angka saja. Anda tidak membutuhkan berbagai macam analisa, karena reksadana sudah ada manager saham yang mengatur. 

  • Emas 

Tidak dapat disangkal lagi, jika emas adalah salah satu jenis investasi klasik yang saat ini masih sangat popular. Emas adalah komoditi yang memiliki harga stabil dipasaran dan dapat menjadi investasi jangka panjang yang cocok untuk pemula. Untuk memulai investasi ini pun bisa dilakukan di beberapa lembaga keuangan yang membuka tabungan emas atau dengan cara tradisional dengan membeli emas dari penjualnya langsung. 

  • Deposito

Deposito juga sangat cocok bagi Anda yang baru ingin memulai investasi. Jenis produk perbankan ini sendiri memiliki sistem menanamkan sejumlah dana dalam jangka waktu tertentu. Selama jangka waktu tersebut, maka nasabah akan mendapatkan keuntungan dalam bentuk suku bunga. Walaupun keuntungan yang didapatkan sedikit, tapi resikonya sangat rendah. Karena deposito sudah dijamin oleh pemerintah dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. 

Itulah beberapa manfaat berinvestasi sedini mungkin. Bisa dikatakan dengan berinvestasi, maka Anda sudah menyiapkan tabungan di masa depan. Sehingga nantinya di masa depan, masalah finansial tidak akan menganggu Anda sama sekali.