Jenis-Jenis Mobil yang Bisa Digunakan Untuk Bisnis Food Truck

Menjalankan bisnis food truck adalah salah satu dari banyaknya konsep usaha kuliner yang begitu menarik di era sekarang ini, yakni menjajakan dagangan dengan memakai sebuah kendaraan berupa mobil truk. Jika Anda memiliki ide untuk menjalankan bisnis food truck yang saat ini sedang ramai, pada artikel ini akan ada beberapa jenis mobil yang direkomendasikan untuk Anda yang mau memulai usaha tersebut.

Melakukan bisnis food truck adalah konsep usaha yang sedang ramai dan berhasil menarik perhatian banyak orang. Konsep usaha tersebut berarti menjajakan kuliner menggunakan mobil besar yaitu truck. Sedikit berbeda dari tempat asalnya, jika di Indonesia mobil-mobil yang dipakai untuk menjalankan bisnis food truck kebanyakan memakai kendaraan jenis apa saja entah itu truck, pick up, van sampai jenis mobil MPV.

Apabila Anda tertarik menjalankan bisnis food truck tapi bingung soal pemilihan kendaraan atau mobil yang tepat untuk keperluan operasional, tidak perlu cemas. Sebaiknya simak dahulu rekomendasi mobil yang pas untuk dapat menjalankan bisnis tersebut. Berikut beberapa kendaraannya, antara lain:

1.       Toyota Dyna 110

Toyota Dyna adalah jenis mobil truk ringan yang pas bagi Anda yang mempunyai usaha komersial yakni food truck. Dimana Toyota Dyna hadir dengan beberapa jenis tipe serta dari sebagian banyak jenis Dyna yang dijual, seluruhnya memakai tipe mesinnya yang sama, yakni W04D-TP.

Truck Toyota Dyna memakai bahan bakar Diesel serta konfigurasi mesinnya 4 silinder, dilengkapi oleh Turbo Charger Intercooler, membuatnya lebih bertenaga dan hemat bahan bakar. Dengan memiliki mesin 4L ini daya dan torsi maksimum yang dihasilkan juga lumayan besar untuk berbagai macam medan.

2.       Daihatsu Granmax MB 1.3 D FH

Menjadi salah satu kendaraan terbaik yang ada di kelasnya, harga ekonomis dan dimensinya yang cukup luas membuat mobil satu ini menjadi pilihan yang tepat untuk digunakan sebagai kendaraan dengan bisnis komersial. Seperti bisnis food truck.

Dengan desain yang ada pada Granmax yang sangat kokoh, kendaraan satu ini dirasa sangat cocok dijadikan pilihan untuk menjalankan bisnis food truck. Selain itu tingkat keamanan kendaraan tersebut juga cukup baik sebab sudah dilengkapi oleh ventilated disc brake yang bisa menekan cengkraman saat pengereman.

Tidak hanya itu, Granmax turut didukung oleh mesin 1.3 DOHC, membuat mobil tersebut sangat irit dan ramah lingkungan namun tetap bertenaga dan tangguh di segala macam medan.

3.       UD Truck Kuzer

Berikutnya adalah Kuzer, jenis truk yang memiliki mesin CRS 3,8 L ini adalah mobil yang bisa memberi pengalaman bermanuver yang baik untuk pemiliknya. Truk satu ini dilengkapi oleh kabin box yang cukup lega dan luas yang menjadikan bagian ini sebagai keunggulan yang dimilikinya jika dibandingkan oleh jenis truk serupa dari brand lain.

Truck Kuzer didesain supaya bisa melintasi jalur sempit dan terbatas lewat optimalisasi sisi manuver yang radius putarnya 15% sampai 20% lebih rendah daripada jenis produk lain yang ada di pasaran pada umumnya.

4.       Isuzu Traga

Untuk sektor atau jenis kendaraan pick up, brand satu ini termasuk salah satu pilihan yang tepat bagi para pengusaha dalam menjalankan bisnis khususnya food truck. Beberapa poin yang menjadikan mobil tersebut ideal yaitu karena tersedianya bak yang lumayan luas serta memberi ruang yang fleksibilitas ketika akan membawa berbagai barang atau kebutuhan.

Mobil tersebut diyakini dapat membawa beban dengan bobot yang lumayan berat sebab memang dirancang menjadi mobil pick up yang kokoh dan tangguh. Ketangguhan dan kelincahan mobil satu ini bisa menjadi alasan yang kuat untuk digunakan sebagai kendaraan operasional menjalankan bisnis food truck.

Perkiraan Estimasi Pengeluaran Bisnis Food Truck

Mari kita lihat seberapa besar dan berapa kisaran modal usaha untuk menjalankan bisnis food truck yang saat ini sedang ramai peminat. Tidak perlu langsung yang mewah, terpenting semua perlengkapan yang diperlukan sudah cukup memadai dan bisnis tersebut sudah bisa dijalankan. Nah dibawah ini perkiraan modal atau ilustrasi biaya yang harus dikeluarkan untuk memulai bisnis food truck yang menjual kopi, yakni:

  •         Kulkas Mini 1,5 juta
  •         Mobil Gran Max 50 juta
  •         Peralatan Kopi 5 juta
  •         Piring dan gelas 1 juta
  •         Karoseri  15 juta
  •         Genset 3 juta
  •         Meja Kursi 5 juta
  •         Bahan makanan dan stok kopi 2 juta
  •         Gaji pegawai 1 juta
  •         Biaya operasional 150 ribu per hari
  •         Maka totalnya menjadi 88 juta

Itu adalah perkiraan dana yang dibutuhkan dalam menjalankan bisnis food truck yang menjajakan kopi. Mungkin Anda bisa menjual atau menjajakan produk lain, entah itu roti, es krim dan lain sebagainya. Menurut survey, omset perhari dalam menjalankan bisnis food truck yang menyediakan kopi sekitar 3 juta perhari namun itu juga tergantung lokasi serta event yang ada.

Published
Categorized as Ulasan