Investasi Ini Pas Buat Generasi Sandwich

investasi

Generasi milenial terkadang disebut juga sebagai generasi sandwich karena bukan hanya mengatur keuangan keluarga tapi juga orang tuanya juga. Artinya generasi ini harus menanggung biaya hidup diri sendiri, pasangan, anak dan orang tua. Bagi sebagian orang ini merupakan hal wajar atau biasa, ada yang keberatan dan juga tidak. Tapi tidak dipungkiri bahwa kondisi ini cukup membuat tekanan secara ekonomi dan mental.

Menjadi sandwich generation memang penuh tantangan, terlebih saat Anda harus memberi keputusan antara orangtua dengan anak. Selain bekerja siang dan malam untuk mendapat pemasukan, di sisi lain juga harus ada tanggung jawab besar terhadap finansial keluarga. Selamat bagi Anda yang sudah melek finansial dan punya niat kuat untuk keluar dari rantai generasi sandwich. Semua orang bisa kok, asal tau caranya. Seperti melakukan investasi yan tepat dan mengatur keuangan dengan bijak. Untuk investasi, berikut kami punya beberapa rekomendasi produk investasi yang pas buat generasi sandwich. Sebelum membahas investasi, yuk pahami dulu tips mengatur keuangan berikut ini.

Tips Mengatur Keuangan Keluarga Generasi Sandwich

Apabila mampu mengelola keuangan dengan baik, sebenarnya permasalahan generasi sandwich ini dapat diatasi. Tidak menutup kemungkinan walau penghasilan pas-pasan, kebutuhan hidup untuk tiga generasi tetap dapat terpenuhi. Salah satunya dengan mengatur keuangan keluarga berikut, silahkan dipelajari:

  • Bersikap objektif terhadap kondisi keuangan, menerima kondisi bahwa saat ini bukan hanya kebutuhan diri sendiri yang menjadi tanggung jawab. Tapi juga kebutuhan anak dan orang tua, makanya hal ini seharusnya sudah disadari sejak awal.
  • Pastikan cash flow tetap sehat, jangan sampai pengeluaran Anda lebih besar daripada pemasukan. Cara menjaga cash flow ada banyak, mulai dari berhemat, menambah sumber pemasukan, dan mengurangi gaya hidup mewah.
  • Komunikasi dengan berbagai hal terkait keuangan, seperti siapa yang bisa bekerja mendapatkan uang itu harus dikomunikasikan terlebih dahulu secara terbuka dengan keluarga.
  • Memaksimalkan seluruh potensi dari aset yang dimiliki. Contohnya jika Anda punya properti rumah kosong, daripada dibiarkan menganggur lebih baik disewakan ke orang lain.
  • Mulai berinvestasi karena tidak selamanya Anda dapat mengharapkan pendapatan dari pekerjaan sekarang. Investasi memang tidak bisa segera dirasakan langsung manfaatnya, namun Anda akan menikmatinya di masa depan. Ini bisa dimanfaatkan oleh anak-anak Anda kelak untuk biaya kesehatan maupun pendidikannya.

Investasi untuk Generasi Sandwich, Dijamin Anti Stres

Bagaimana bisa menjamin hari tua jika penghasilan habis untuk membiayai keluarga besar? Supaya hal tersebut tidak terjadi, Anda perlu merencanakan keuangan dengan investasi. Salah satu investasi yang tepat untuk generasi Sandwich adalah SBN atau singkatan dari Surat Berharga Negara. Produk investasi ini mudah dijalankan, sangat aman, dan menguntungkan bagi Anda.

SBN sendiri terdiri dari SBSN (Surat Berharga Syariah Negara) dan SUN (Surat Utang Negara). Untuk jenis SUN dikategorikan menjadi dua, yaitu:

-SPN (Surat Perbendaharaan Negara)

ON (Obligasi Negara)

Kenapa harus memilih investasi SBN? Berikut alasannya:

  1. Modal Kecil

Investasi SBN tidak memerlukan banyak modal sampai ratusan juta rupiah. Karena dengan uang yang begitu banyak Anda bisa memborong SBN yang ada. Hanya perlu modal 1 juta rupiah saja kok paling kecil maka sudah bisa dapat investasi di ST (sukuk tabungan), ORI (Obligasi Negara Ritel), dan SBR (Savings Bond Ritel).

  1. Akses Beli yang Mudah

Anda bisa mengakses e-SBN untuk membeli investasi SBN untuk ritel. Saat ini sudah bisa didapatkan melalui perusahaan sekuritas, fintech lending, bank, dan agen penjual lainnya. Untuk langkah-langkah pembelian juga sudah disediakan informasi petunjuk. Tapi Anda bisa mengunjungi situs resmi Kementrian Keuangan untuk mendapatkan informasi yang lebih jelas dan lengkapnya tentang SBN.

  1. Anti Gagal Bayar

Untuk jenis investasi ini memang lebih aman dari yang lain karena risikonya terbilang sangat rendah. Jadi tidak ada kejadian gagal bayar, uang yang Anda investasikan akan dijamin pemerintah sampai dengan masa jatuh tempo. Anggaran APBN setiap tahun juga sudah dialokasikan pemerintah untuk membayar hutang tersebut. Sehingga generasi sandwich tidak perlu khawatir, karena investasi SBN itu 100 persen aman dan tidak akan membuat jantungan seperti saham.

  1. Imbal Hasil Lebih Tinggi

Bagi orang yang belum tahu betapa menguntungkannya investasi SBN pasti menilai dirugikan karena kupon dan bunga yang didapat cukup kecil. Padahal sebenarnya itu imbal hasil SBN lah yang lebih tinggi dari suku bunga acuan Bank Indonesia maupun bunga deposito. Misalnya, Anda berinvestasi pada SBR010 dengan kupon pertahun 5,05 persen. Kupon ini lebih tinggi dari 7 Days Reverse Repo Rate. Jika pajak deposito bisa 20 persen maka pajak SBN hanya sebesar 15 persen saja.

  1. Investasi Dapat Dilakukan Secara Rutin

Pemerintah berupaya memenuhi biaya APBN dengan menerbitkan dan menjual SBN. Contohnya SBR dan ORI. Sehingga Anda dapat mengalokasikan uang pada instrumen investasi ini dan mendapatkan keuntungan yang juga maksimal. Investasi SBN dapat dilakukan secara rutin setiap tahun dan terbuka bagi siapa saja yang ingin melakukannya.