synergy2000.net – Berinvestasi tidak harus dalam bentuk saham bahkan bergabung dengan suatu usaha atau perusahaan. Namun sebuah hobi seperti koleksi action figure pun bisa jadi lahan investasi. Kok bisa? Perlu dimengerti bahwa action figure yang berupa barang pajangan atau mainan dengan bentuk karakter tokoh game, film, kartun, atau aktor ini bisa bernilai jual tinggi. Dari sebuah hobi ke investasi, berikut beberapa hal yang perlu kamu ketahui tentang investasi unik ini. 

Hal Yang Perlu Diketahui Dan Diperhatikan Saat Mengoleksi Action Figure Sebagai Investasi

  1. Sejumlah Merek Action Figure Terbaik 

Jangan salah kira kalau action figure itu mainan murahan dan diproduksi biasa – biasa saja. Perusahaan besar dalam industri mainan pun banyak yang pegang lisensi franchise tertentu guna produksi action figure khusus.

action figure merk hasbro

Bahkan tidak sedikit yang punya spesifikasi dan ciri khas tertentu pada barang yang mereka buat. Perusahaan figure ternama seperti Bandai, Hasbro, NECA, McFarlane Toys, dan Hot toys adalah mereka yang disebut – sebut sebagai produsen figure berkualitas. 

  1. Detail Dan Desain Pengaruhi Harga 

Masih belum percaya kalau action figure bisa jadi barang investasi? Coba deh lihat harga dari produk di pasaran. Produk action figure original atau asli bisa dibanderol dengan harga selangit. Apalagi jika dibubuhi dengan detail karakter yang sangat tinggi. Bisa dibilang, Jika semakin tinggi detail action figure, maka semakin mahal juga harganya. Bahkan ada lho figure yang harganya sangat tinggi hingga mencapai puluhan juta rupiah atau ribuan dolar. 

Kalau kamu penasaran seperti apa sih mainan jutaan itu? Coba saja cek salah satu produk dari merek terbaik dan terkenal yang sudah disebut sebelumnya. Sebagai contoh figure dengan harga selangit adalah McFarlane Toys Babe Ruth figure. Mainan dengan bentuk menyerupai pemain baseball profesional Amerika Serikat, Babe Ruth, ini memang cocok untuk pajangan. Tapi pajangan mahal! Karena harganya hampir mencapai 200 juta atau 13,600 dolar.

Baca Juga : Tips Memilih Penasihat Keuangan Untuk Perusahaan 

  1. Spesialisasikan Koleksi 

Jika lihat harganya yang mahal, tidak sedikit kolektor yang komat – kamit dan kesulitan untuk beli action figure yang diminati. Spesialisasi atau pilih salah satu merek / tema bisa jadi terobosan terbaik.

koleksi action figure gundam

Pilih saja salah satu merek, seperti produsen mainan Jepang Bandai yang dikenal dengan action figure Dragon Ball, Power Ranger, dan Gundam. Dengan cara ini, Anda bisa dikenal orang sebagai kolektor spesialis figure tertentu sekaligus menekan modal investasi.  

  1. Nilai Jual Yang Tinggi

Jangan sepelekan harga jual dari produk figure ini. Sekali lagi, action figure bisa jadi investasi dengan income yang menggiurkan. Sama halnya dengan investasi seperti saham, obligasi, emas, dan lain – lain. Produk ini bisa menjadi sarana investasi yang bisa dijual kembali dengan harga yang lebih tinggi. Terutama jika kamu punya produk yang susah ditemukan, dibeli, atau bahkan langka karena barangnya limited edition. Pastinya harga jualnya bisa berkali- kali lipat.  

  1. Perawatan Adalah Nomor Satu 

Sebagai barang investasi yang cukup mahal, tentunya kamu tidak ingin harganya jatuh karena rusak kan? Untuk hindari kesalahan ini, sembari mengoleksi action figure jangan lupa untuk selalu merawatnya. Pelajari dulu bahan dasar atau material apa yang digunakan agar tahu cara perawatan yang baik dan benar. Ada baiknya juga untuk simpan koleksi kamu di tempat khusus dengan suhu ruang plus terhindar dari lembab dan sinar matahari. 

  1. Biarkan Tersimpan Dalam Kotak

Salah satu aspek yang perlu diperhatikan saat beli action figure untuk investasi adalah kotak / kardus. Usahakan barang yang kamu beli masih tersegel dan aman di dalam kotaknya.

biarkan action figure tetap dalam kotak

Cara ini dikenal dengan sebutan MISB atau Mint In Sealed Box, yang sering digunakan para kolektor untuk menyebut produk yang masih tersegel dan rapi di dalam kotak. Mengapa? Karena produk MISB harganya bisa melambung tinggi, sangat jauh jika dibanding action figure yang sudah terpisah. 

  1. Action Figure Langka Harganya Bisa Semakin Tinggi 

Jika kamu punya action figure bermerek, tersimpan dalam box, terawat, dan sudah keluaran lama. Jangan kaget kalau harga jualnya melompat tinggi. Investasi ini didukung kelangkaan barang. Sering kali barang yang sudah lama tidak ada di pasaran, tidak sering diproduksi, atau terbatas banyak dicari dan dibanderol dengan harga yang fantastis. Jadi bisa dikatakan kalau koleksi yang kamu punya harganya akan semakin tinggi dengan seiring berjalannya waktu. 

Setidaknya itulah beberapa hal yang perlu Kamu tahu tentang model investasi yang satu ini. Bagi mereka yang tidak mengerti, Action Figure dianggap sebagai mainan yang tidak bernilai bahkan buang – buang uang. Tapi dibalik hobi mengoleksi ini, ternyata jika dirawat, disimpan, dan dijual lagi, mainan ini bisa jadi investasi dengan income menggiurkan. Jadi selain sebagai sarana menyalurkan hobi, koleksi figure yang kamu punya juga bisa jadi duit. 

Anda juga bisa berinvestasi di lembaga perbankan resmi dan diawasi oleh OJK seperti Tunaiku yang sudah banyak memberikan manfaat berupa pinjaman dana kepada jutaan masyarakat penggunanya di Indonesia.

Tagged : # # #

admin