Faktor Penyebab utama Naik Turunnya Harga Emas

Faktor Penyebab utama Naik Turunnya Harga Emas

Anda ingin berinvestasi emas namun masih ragu-ragu melihat perkembangan harga emas? Hal apa yang menjadikan harga emas dapat naik dan turun seperti itu? Sebaiknya Anda ketahui lebih dahulu hal-hal yang bisa mempengaruhi harga emas. Hal tersebut bisa membantu Anda untuk menentukan kapan waktu yang tepat untuk membeli atau menjual emas. 

Memang benar jika harga emas mengacu pada keadaan pasar global. Tetapi banyak hal lain yang juga bisa mempengaruhi pergerakan harga emas. Sebab bersifat risk free, nilai emas umumnya akan naik. Sehingga tidak heran jika banyak masyarakat yang gemar menyimpan logam mulia ini untuk berinvestasi daripada harus berinvestasi ke obligasi atau saham. 

Nah, dibawah ini terdapat beberapa penyebab naik turunnya nilai emas dunia yang dikutip langsung dari website resmi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). 

  • Ketidakpastian keadaan dunia 

Berbagai keadaan yang bisa terjadi seperti resesi, krisis, ekonomi, politik hingga perang merupakan salah satu penyebab naik dan turunnya nilai emas. Mengapa begitu? Pada keadaan politik dan ekonomi yang kacau, kerapkali emas diyakini menjadi penyelamat. 

Sehingga ketika terjadi perang atau krisis, umumnya nilai emas akan naik sangat tinggi. Investasi emas di gadang-gadang menjadi aset safe haven. Pada salah satu kesempatan, Sri Mulyani yang merupakan Menteri Keuangan pun mengakui jika emas selalu menjadi pilihan para investor saat keadaan ekonomi tidak pasti seperti sekarang. 

Setidaknya terdapat tiga alasan emas menjadi pilihan saat ekonomi sedang tidak pasti atau terjadi gejolak geopolitik. Yang pertama yaitu harga emas tetapi stabil walaupun terjadi perang atau krisis ekonomi. Kedua, harga emas terjaga walaupun terjadi deflasi atau inflasi. Ketiga, permintaan emas tidak akan berkurang meskipun persediaannya terbatas. 

Untuk itu, Anda tidak perlu heran lagi jika popularitas emas bisa sangat melejit saat krisis sedang terjadi di dalam negeri maupun di luar negeri. 

  • Permintaan dan penawaran emas 

Hukum penawaran dan permintaan pun berlaku dengan emas. Lebih banyak permintaan emas dibandingkan penawarannya membuat emas yang disukai oleh semua orang ini akan naik. Namun, sebaliknya harga emas akan turun jika penawaran lebih banyak dibandingkan dengan permintaannya. Hal yang harus Anda catat yaitu ketersediaan emas sangat terbatas di dunia ini. 

  • Kebijakan moneter 

Faktor penyebab selanjutnya yang mengakibatkan harga emas naik dan turun yaitu kebijakan moneter. Harga emas ini sangat bergantung dengan kebijakan moneter yang dipilih oleh bank sentral Amerika Serikat. Kebijakan moneter disini yaitu kebijakan menurunkan atau menaikkan suku bunga. 

Ketika The Fed atau federal system menurunkan suku bunga, maka emas berpeluang naik harganya. Mengapa demikian? Sebab dolar menjadi kurang menarik untuk dijadikan investasi dan orang-orang akan menempatkan uangnya pada bentuk emas batangan. Lalu, begitu pula sebaliknya. 

Faktor Penyebab utama Naik Turunnya Harga Emas

  • Inflasi 

Inflasi merupakan salah satu penyebab utama yang menjadikan harga semua barang semakin mahal, hal tersebut pun berdampak ke harga logam mulia ini. Semakin tinggi inflasi, maka semakin mahal juga harga emas. Akibatnya masyarakat yang tidak ingin menyimpan asetnya berbentuk uang yang mudah hilang nilainya akan memilih emas sebagai investasi. 

Harga emas sangat stabil dan aman saat inflasi. Hal inilah yang juga menjadikan emas banyak diminati. Selain itu, harganya juga akan terus meningkat setiap tahunnya. Lalu, semakin banyak emas yang Anda beli, maka semakin banyak juga keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari kenaikan harga emas tersebut. 

  • Nilai tukar dolar AS 

Nilai emas di Indonesia berpatokan dengan harga emas dunia yang sudah dikonversi dari dolar AS ke rupiah. Oleh sebab itu, harga logam mulia ini sangat dipengaruhi dengan pergerakan rupiah akan dolar AS. 

Sehingga, ketika nilai tukar rupiah akan dolar sedang melemah, maka harga emas di Indonesia menjadi sangat tinggi atau menguar. Begitu pula sebaliknya, jika nilai tukar rupiah sedang tinggi, maka harga emas di dalam negeri akan menurun. 

Setelah membaca ulasan di atas apakah Anda telah paham akan faktor penyebab dari naik dan turunnya harga emas? Saat ini Anda menjadi lebih siap untuk berinvestasi emas, bukan? Namun, jika berinvestasi emas ini Anda jangan mudah panik dan mudah percaya kabar yang belum tentu kebenarannya, ya! 

Pastikan Anda menganalisa lebih detail dan memahami seluk beluk investasi logam mulia ini sebelum akhirnya menjatuhkan pilihan. Jangan sampai Anda merugi karena tidak teliti saat melihat keadaan pasar baik pada lingkup dalam negeri maupun luar negeri. 

Demikianlah, ulasan tentang faktor penyebab utama naik turunnya harga emas di dalam negeri. Semoga informasi di atas bisa membuka pengetahuan Anda lebih luas lagi terhadap investasi emas. Jangan lupa untuk perhatikan perkembangan negeri dan dunia jika ingin berinvestasi pada instrumen yang satu ini. Selamat mencoba!