Deretan Saham yang Cocok Dikoleksi Untuk Investor Pemula

Melakukan investasi saham menjadi pilihan masyarakat saat ini, terutama para kaum muda. Apalagi ditengah pandemi seperti saat ini, banyak dari mereka yang memiliki usaha terpaksa menutup usahanya karena mengalami kegagalan. Karena hal tersebutlah banyak yang mulai tertarik untuk melakukan investasi pada dunia saham demi mendapatkan keuntungan.

Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Berinvestasi Saham 

Namun, sebelum memutuskan untuk berinvestasi tentu harus mempelajari terlebih dahulu jenis saham yang ingin diikuti. Tidak hanya itu saja, sebagai investor ada baiknya untuk menyesuaikan dana yang dimiliki, tujuan berinvestasi dan tidak ada salahnya untuk mempelajari pasar saham.

Menurut Banyu Adiputra (Head of Market Development Indo Premier Sekuritas), ada tiga hal yang harus diperhatikan dan dipelajari bagi mereka yang ingin memulai berinvestasi saham :

  • Saham yang dikenal

Akan lebih baik bila anda memilih perusahaan yang sudah dikenal. Apabila memilih yang sudah dikenal, itu berarti anda sebelumnya memang sudah memiliki minat pada perusahaan tersebut, sudah mengetahui produk yang mereka miliki dan agar lebih mudah untuk memantau perkembangannya. Tentunya memilih perusahaan yang dikenal akan lebih nyaman bagi anda.

  • Saham sudah terkenal

Tidak ada salahnya memilih perusahaan yang memang sudah terkenal. Karena perusahaan yang terkenal, tentu memiliki kredibilitas yang baik dan sudah pasti mereka merupakan perusahaan yang berdiri cukup lama. Dengan begitu tentunya perusahaan tersebut sudah memiliki kinerja dan pengelolaan keuangan yang baik. Walaupun biasanya apabila ingin menanam saham di perusahaan yang sudah terkenal seperti ini memerlukan dana yang besar dan jarang ada investor pemula yang sanggup membelinya.

  • Saham dengan harga terjangkau

Carilah perusahaan dengan fundamental yang baik, karena biasanya perusahaan seperti ini belum memiliki banyak investor, karena itu harga yang ditawarkan juga terjangkau dan memiliki keuntungan yang tinggi. Saham seperti inilah yang cocok bagi para investor pemula.

Saham-saham yang dimaksud diatas tentu haruslah dari perusahaan-perusahaan terpercaya dan memiliki transaksi yang baik dan cukup stabil dalam bursa saham. Selain itu juga harus perusahaan yang memang dapat memenuhi kebutuhan masyarakat luas, karena perusahaan dalam kategori itu pastilah akan menghasilkan keuntungan yang cukup tinggi.

Deratan Saham yang Cocok Untuk Pemula 

Tidak ada salahnya untuk mencoba menanam saham pada perusahaan-perusahaan yang sudah dikenal oleh masyarakat luas, karena dengan begitu keuntungan yang didapatkan juga pasti akan sepadan dengan dana yang sudah dikeluarkan. Lalu untuk anda yang masih pemula dan ingin memulai untuk menanamkan modal. Berikut ada beberapa jenis saham yang cocok untuk para investor pemula :

  • Properti

Menanam saham di bidang properti juga menguntungkan, karena properti termasuk kebutuhan yang banyak dimintai oleh masyarakat luas. Berinvestasi pada property bagi investor pemula sangat direkomendasikan karena memiliki prospek yang baik dalam jangka panjang. Carilah perusahaan properti yang memiliki kredibilitas baik dan juga sudah mulai berkembang, selalu amati perkembangannya dan pastikan jika perusahaan tersebut dapat berjalan dengan baik.

  • Perbankan

Menanam saham di bidang perbankan juga direkomendasikan bagi investor pemula. Dunia perbankan saat ini memiliki banyak sekali produk untuk memudahkan para nasabah dan tentu saja saat ini semua orang termasuk perusahaan-perusahaan besar juga membutuhkan jasa perbankan. 

Itulah mengapa memiliki saham dibidang perbankan sangat dicari dan diminati oleh banyak investor baik pemula maupun investor senior. Karena perbankan memiliki keuntungan yang tinggi dan tentunya juga cukup stabil.

  • BUMN

Saham berikutnya yang direkomendasikan bagi investor pemula adalah BUMN terutama di bidang infrastruktur. Karena bidang infrastruktur ini adalah bergerak pada pembangunan yang tentunya akan selalu berjalan. Selain itu memiliki saham di BUMN dikatakan juga mudah dijual dengan harga yang cukup tinggi. Jadi, bila ingin melakukan investasi pada bidang BUMN tidak perlu ragu.

  • Farmasi

Rekomendasi saham selanjutnya untuk investor pemula adalah pada bidang farmasi. Walau bukan kebutuhan sehari-hari, namun tidak dipungkiri bila semua orang membutuhkan obat-obatan. Bidang farmasi tidak selalu tentang obat-obatan bagi mereka yang sakit, namun juga memproduksi vitamin pendukung lain seperti suplemen makanana dan lainnya. Karena itu memiliki saham pada bidang farmasi juga menguntungkan bagi para investor.

  • Consumer Good

Terakhir saham yang direkomendasikan bagi investor pemula adalah pada bidang consumer good. Consumer good ini meliputi kebutuhan sehari-hari masyarakat pada umumnya, seperti makanan, pakaian, dan barang-barang lain yang menjadi kebutuhan pokok. Perusahaan consumer good termasuk perusahaan yang stabil dan berpotensi untuk mengalami kenaikan yang signifikan.

Itulah tadi beberapa saham yang direkomendasikan bagi para investor pemula, namun seperti yang sudah dibahas sebelumnya. Ada baiknya untuk mempelajari terlebih dahulu saham yang anda minati tersebut, selalu perhatikan perkembangannya di pasar saham. Pilih saham yang memiliki kredibilitas baik dengan keuntungan yang baik pula dan perlu diingat apabila dalam dunia saham ada yang namanya penurunan dan peningkatan.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *