synergy2000.net – Mengatur keuangan bisnis yang dijalankan bersama pasangan tentu tidak mudah. Sebab sukses tidaknya sebuah bisnis sangat tergantung pada kepiawaian Anda atau pasangan yang mengatur keuangan. Tentu kegiatan tersebut perlu dilakukan dengan rencana matang, karena dalam sebuah hubungan sumber konflik yang paling sering menyebabkan kehancuran adalah masalah uang. 

Termasuk dalam berbisnis, kebanyakan orang salah langkah memutuskan untuk menggabung keuangan keduanya dengan nama bersama. Meskipun sah-sah saja melakukannya, akan tetapi akan sangat mempengaruhi proses bisnis ketika terjadi konflik di masa mendatang. 

Maka dari itu, Anda dan pasangan akan sangat membutuhkan informasi tentang cara mengatur keuangan bisnis yang dijalankan bersama. Kami sudah menyiapkan tips-tips tersebut dalam uraian berikut ini, sehingga Anda dan pasangan dapat mengelola keuangan bisnis tanpa kendala. 

Intip Cara Mengatur Keuangan untuk Pasangan yang Berbisnis Berikut ini

Hal yang sangat penting untuk dipahami dan dikuasai setiap pasangan adalah cara mengatur keuangan yang baik dalam berbisnis. Dengan demikian, Anda dan pasangan dapat lebih mudah menghasilkan keuntungan dari bisnis yang dikelola dengan lancar. Manajemen keuangan adalah kemampuan yang harus dimiliki setiap orang, terutama yang sudah terjun ke dunia bisnis. Anda dan pasangan harus dapat membelanjakan keuangan bisnis dengan bijak dan piawai mengelolanya. Berikut ada beberapa tips mengelola keuangan bisnis yang bisa dipahami bersama pasangan.

1. Pisahkan Antara Keuangan Keluarga dengan Usaha

Dalam praktek manajemen keuangan, tidak sedikit orang yang keliru menggabungkan antara keuangan untuk bisnis dengan keuangan untuk keluarga. Hal ini salah besar, karena Anda dan pasangan jadi lebih sulit membedakan pengeluaran belanja pribadi dengan pengeluaran usaha. Cara mengatur keuangan bisnis yang baik adalah dengan tidak menggabungkan keduanya. Buatlah rekening khusus yang terpisah dari rekening keluarga, dan hanya menggunakannya untuk belanja keperluan bisnis saja. 

2. Susun Rencana Keuangan

Jika sudah mantap membangun usaha bersama pasangan, artinya Anda sudah siap menemukan tujuan baru. Dengan begitu, kegiatan mengelola keuangan bisnis juga akan semakin menyenangkan. Guna menghindari timbul konflik akibat masalah sensitif ini, sebaiknya tuliskan atau susun rencana keuangan baik itu. Baik itu untuk rencana penggunaan jangka panjang maupun pendek. 

mengatur keuangan bisnis dengan pasangan

Anda dan pasangan dapat mencapai kesepakatan yang baik setelah memiliki kerangka rencana pengeluaran uang bisnis. Jadi, diskusikan hal ini dengan baik dengan pasangan Anda. Karena mungkin saja Anda dan pasangan memiliki rencana yang berbeda terhadap keuangan bisnis. 

3. Saling Terbuka dan Transparan Terhadap Masalah Keuangan

Selain berkomitmen membangun bisnis bersama-sama, Anda dan pasangan juga harus saling terbuka dan transparan terhadap masalah keuangan. Terbukalah soal berapa dana yang sanggup diinvestasikan pada bisnis tersebut. Dalam hal berbisnis, masalah keuangan menjadi faktor paling krusial. Terlebih jika menjalankan bisnis tersebut bersama pasangan, sedikit banyak akan ada emosi yang dilibatkan.

Jangan sampai masalah keuangan bisnis menjadi sumber keributan rumah tangga Anda. Maka dari itu, sekecil apapun dana yang dimiliki, baik itu pengeluaran dan pendapatan, masing-masing pasangan harus saling mengetahuinya. Setelahnya, akan mudah untuk Anda dan pasangan yang ingin merencanakan tujuan keuangan bisnis di masa mendatang. 

Baca Juga : Kerugian Membangun Bisnis Bersama Pasangan

4. Menentukan Siapa yang Mengelola Keuangan

Setelah saling terbuka dan transparan terhadap kondisi keuangan masing-masing, Anda dan pasangan dapat mulai menentukan siapa yang bertugas mengelola keuangan bisnis. Apakah ingin sepenuhnya menyerahkan tugas mengelola keuangan keluarga dan bisnis kepada pasangan, atau Anda yang mengambil alih bagian tersebut. 

Hal ini jelas membutuhkan diskusi, silahkan ajak pasangan Anda menentukan siapa yang mengelola keuangan demi menghindari timbulnya konflik. 

5. Hormati Pendapat Masing-masing 

Hormati pendapat masing-masing ketika sedang mendiskusikan hal-hal yang terkait pengaturan dengan keuangan bisnis. Kedua belah pihak harus mengutamakan opininya dengan baik. Jika ada pendapat yang berseberangan tentang pengelolaan keuangan, maka cari jalan tengah yang sama-sama Anda sepakati dengan pasangan. Dengan berdiskusi dan saling menghormati pendapat masing-masing, Anda dan pasangan dapat menghindari konflik yang memicu keretakan hubungan bisnis.

Tips mengatur keuangan bisnis yang dijalankan bersama pasangan ini dapat dilakukan tanpa perlu menunggu hingga naik ke pelaminan. Anda juga dapat menerapkannya ketika mengatur keuangan rumah tangga bersama pasangan.  

6. Buat Buku Catatan Khusus Keuangan

Membuat buku catatan keuangan contohnya buku kas dapat membantu Anda dan pasangan mengetahui arus keuangan bisnis. Buku ini akan sangat berguna di setiap kegiatan bisnis, karena memuat informasi tentang keluar masuknya keuangan. Sebenarnya sekarang buku catatan khusus keuangan tidak perlu dibuat dalam bentuk fisik, Anda dapat menggunakan berbagai aplikasi gratis yang berjalan di desktop maupun smartphone dengan lebih praktis. 

7. Awasi Hutang, Aset dan Modal

Periksa secara berkala dan teliti keuangan bisnis Anda. Pastikan kondisi keuangan secara keseluruhan cukup baik dan bisa diputar untuk kegiatan bisnis yang lebih menguntungkan. Setelah mendapat keuntungan, silahkan gunakan uang tersebut untuk mencicil hutang. 

Demikian beberapa cara mengatur keuangan bisnis yang dijalankan bersama pasangan. Semoga informasi kali ini membantu setiap pasangan yang baru saja merintis usaha baru. 

 

Tagged : # #

admin