synergy2000.net – Meskipun terdengar mudah, menabung adalah salah satu hal yang memiliki tantangan tersendiri di dalamnya. Anda dituntut untuk disiplin sehingga membuat uang yang dimiliki dapat terkumpul dengan baik. Banyak cara atau tips yang bisa Anda coba dalam mendukung kegiatan ini. Dengan tips yang terbilang unik ini diharapkan dapat membuat kegiatan menabung Anda menjadi lebih efektif.

Tips untuk Menabung Sehingga Menjadi Lebih Efektif

  1. Menabung dengan Sistem Rp. 20.000

Salah satu tips dalam menabung ialah dengan menggunakan sistem Rp. 20.000. Aturan dalam melakukan sistem menabung ini juga dapat dibilang relatif mudah. Anda hanya perlu menabung setiap uang dengan nominal Rp. 20.000 yang dimiliki. Sehingga pada saat menerima kembalian dengan nominal uang tersebut, Anda harus menyimpan dan menabungnya.

menabung sistem 20.000

Dengan cara ini tentu Anda akan sedikit dipaksa menabung setiap uang dengan nominal tersebut. Namun jika telah dibiasakan, jumlah tabungan yang dapat Anda kumpulkan akan semakin bertambah. Tips lain agar lebih mudah menabung ialah dengan mencari tambahan pemasukan dari jenis pekerjaan yang lain. Misalnya dengan berjualan dengan sistem online seperti telah banyak ditemui saat ini.

  1. Menabung dengan Sistem Tanggal

Tips selanjutnya yang dapat Anda lakukan agar dapat menabung secara efektif ialah dengan menyisihkan uang sesuai dengan tanggal secara terbalik. Contohnya ialah di tanggal 1 Anda menabung sebanyak Rp 30.000, lalu kemudian di tanggal 2 Anda menabung dalam nominal Rp. 29.000. Hal ini dapat Anda lakukan seterusnya selama 1 bulan penuh dengan mengurangi nominal uang yang akan ditabung.

Di akhir bulan maka tabungan yang akan terkumpul juga terbilang besar. Anda bisa mencoba menerapkan sistem menabung ini pada setiap bulan. Jumlah nominal yang ada juga bisa disesuaikan dengan jumlah dari hari pada bulan tersebut. Sehingga di akhir bulan Anda hanya perlu menabung sebanyak Rp 1.000 saja. Anda tertarik untuk mencoba menabung dengan sistem tanggal ini?

Baca Juga : Mengenal OJK (Otoritas Jasa Keuangan) Beserta Tugas dan Fungsinya

  1. Menabung dalam Bentuk Uang Receh

Meskipun terkesan sepele dan tidak berarti, uang receh juga memiliki peran penting dalam hal kegiatan tabungan ini. Karena uang receh yang telah terkumpul tentu akan memiliki nominal yang besar dan dapat Anda gunakan untuk beragam keperluan yang dimiliki. Biasanya uang receh ini juga akan dapat ditemui di saku, dompet, dan bagian bagian tertentu pada tas yang dimiliki.

menabung uang receh

Untuk mulai menabung uang receh tersebut, Anda dapat mempersiapkan tempat khusus sebagai wadahnya. Pilih tempat yang memiliki ukuran relatif besar karena uang receh ini akan cukup memakan tempat yang ada. Setiap memiliki uang receh, Anda bisa memasukkannya ke dalam tempat tersebut. Secara tidak langsung dengan cara ini Anda juga dapat mengurangi pengeluaran yang biasanya dibeli dengan uang receh itu.

  1. Menabung Uang dengan Nominal Terkecil

Selain menabung dengan sistem tanggal, terdapat cara lain yang dapat Anda coba untuk menyisihkan uang yang dimiliki. Anda dapat melakukannya dengan cara menabung uang dengan nominal terkecil yang terdapat pada dompet yang ada. Sebelum melakukannya, Anda dapat menentukan terlebih dahulu pada pukul berapakah Anda akan mulai mengecek isi dompet dan mencari uang dengan nominal terkecil di dalamnya.

Katakanlah Anda akan melihat isi dompet di malam hari sekitar pukul 20.00. Pada saat membuka dompet yang ada dan terdapat uang sebesar Rp. 5.000 sebagai nominal terkecil, maka Anda harus menabung uang tersebut. Dengan cara ini diharapkan dapat membantu Anda untuk menyisihkan uang yang dimiliki. Meskipun terkesan kecil, uang dengan nominal tersebut juga akan berguna kelak di kemudian hari.

  1. Menabung dengan Cara Investasi

Investasi adalah salah satu cara yang efektif untuk membantu Anda melakukan kegiatan menabung. Selain dapat membantu menyisihkan uang yang dimiliki, dengan berinvestasi Anda juga akan memperoleh banyak keuntungan di dalamnya. Terdapat banyak jenis investasi yang bisa Anda pilih dengan nominal angka yang relatif terjangkau. Pada mulanya Anda juga bisa mencoba untuk melakukan investasi tersebut sedikit demi sedikit.

menabung investasi

Keuntungan dari investasi juga berkaitan dengan nilai uang. Dengan menginvestasikannya nilai uang tersebut dapat meningkat di kemudian hari. Sehingga dengan cara ini Anda akan memperoleh banyak pemasukan setelahnya. Namun tentu saja sebelum memilih untuk meginvestasikan uang yang ada, sebaiknya juga pahami mengenai banyak aspek mengenai hal tersebut. Hal ini dilakukan guna meminimalisir risiko yang dapat terjadi setelahnya.

Banyak cara yang dapat Anda coba untuk dapat menabung dengan cara yang efektif. Dari tips yang telah dijelaskan disini, Anda dapat mulai melakukan salah satu tips terlebih dahulu. Seperti misalnya dengan menabung setiap uang receh yang ditemui dan dimiliki. Anda pun dapat mulai mencoba menabung pada setiap uang senilai Rp. 20.000 yang ditemui. Dengan cara tersebut diharapkan dapat membantu Anda agar dapat menabung dengan cara yang efektif.

Tagged : # #

admin