synergy2000.net – Berkembangnya dunia teknologi menciptakan berbagai kemudahan yang dapat dirasakan oleh masyarakat. Lahirnya internet, tidak hanya memudahkan masyarakat dalam mencari informasi tetapi juga melakukan kegiatan lainnya. Salah satunya adalah melakukan pinjaman secara online. Saat ini pun sudah banyak fintech yang bisa memberikan pinjaman dana kepada masyarakat. Namun tidak semua fintech tersebut aman dan terpercaya. Untuk itu, berikut tips memilih aplikasi pinjaman online terbaik.

Tips Cerdas Memilih Aplikasi Pinjaman Online Terbaik yang Terpercaya

  1. Pinjam Dana di Perusahaan Peer to Peer Terdaftar OJK

OJK atau Otoritas Jasa Keuangan merupakan lembaga keuangan yang mengatur dan mengawasi jalannya para perusahaan fintech pinjaman dana online. oleh karena itu, sangat disarankan untuk melakukan pinjaman hanya di perusahaan pinjaman online yang telah terdaftar OJK. Pasalnya dengan mengajukan pinjaman di perusahaan resmi, Anda sebagai calon nasabah akan terlindungi dari efek negatif pinjaman ilegal.

pinjaman online tunaiku

Perusahaan pinjaman online yang terdaftar OJK, diwajibkan mengikuti regulasi dan peraturan yang bertujuan untuk melindungi konsumen. Untuk bisa mendapatkan informasi tentang perusahaan pinjaman online yang aman, maka calon nasabah bisa masuk ke situs OJK. Disana terdapat daftar pinjaman online yang resmi di bawah pengawasan OJK. Agar tidak kena tipu, maka pinjamlah dari perusahaan yang terdaftar resmi OJK.

Untuk mengetahui perusahaan pinjaman online yang resmi juga bisa melalui website AFPI, dimana website tersebut menaungi semua perusahaan peer to peer yang terdaftar di OJK. Perlu diingat, Anda jangan tergiur dengan tawaran kredit manis dan mudah sebelum memastikan bahwa tawaran tersebut datang dari lembaga resmi dan bukan dari lembaga pinjaman ilegal.

  1. Memiliki Website dan Aplikasi Secured

Agar tidak merugi karena tertipu dengan pinjaman online ilegal, maka sebelum itu pastikan jika melakukan peminjaman di situs yang aman dan terproteksi dengan secured. OJK mewajibkan perusahaan financial technology untuk melakukan sejumlah langkah perlindungan pada website dan database guna melindungi data konsumen. Termasuk juga diwajibkan lolos audit dan sertifikasi ISO teknologi informasi, guna memastikan keamanan data konsumen menjadi prioritas utama perusahaan.

Untuk mengetahui perusahaan tersebut memiliki website dan aplikasi yang secured, maka bisa dilihat dari logo yang tergembok atau tidak di kiri atas. Dimana hal tersebut dapat digunakan untuk mengetahui bahwa keamanan website tersebut terjamin. Jika website resmi perusahaan tersebut memiliki keamanan yang baik, maka dapat diindikasikan bahwa aplikasi pinjaman online aman dan terpercaya.

Baca Juga : 5 Tips Menabung dengan Efektif

  1. Memiliki Layanan Konsumen

Saat akan mengajukan pinjaman online, ada baiknya memilih perusahaan yang memiliki layanan konsumen yang jelas dan mudah dihubungi. Contohnya di website tersebut tertera nomor telepon, email, dan bila perlu ada nomor WhatsApp dan alamat kantor. Dimana hal tersebut memiliki tujuan, agar nantinya terjadi masalah maka Anda sebagai debitur bisa dengan mudah menghubungi dan mendapatkan respon yang cepat.

layanan konsumen

Apabila menemukan perusahaan pinjaman online yang tidak memiliki layanan konsumen, dapat dipastikan dengan jelas perusahaan tersebut merupakan ilegal. Pasalnya ciri ciri perusahaan ilegal adalah ingin identitas perusahaan tidak dikenali dan sebisa mungkin ditutup dengan rapat. Oleh sebab itu, hindari perusahaan pinjaman online yang tidak memiliki layanan konsumen.

  1. Pinjam Sesuai Kemampuan

Terdengar sepele, namun tips satu ini sangat penting untuk diperhatikan. Saat melakukan pinjaman, maka ada baiknya mengambil sesuai dengan kemampuan. Bagaimanapun juga dana tersebut adalah sebuah hutang yang harus dikembalikan dan dilunasi. Untuk itu, pinjam sesuai dengan kemampuan agar bisa membayar tepat waktu dan tidak harus membayar denda karena telat membayar. Selain itu, meminjam sesuai kemampuan akan menghindarkan dari ‘gali lubang tutup lubang’.

  1. Pahami Kontrak Perjanjian Pinjaman

Sama seperti pinjaman yang dilakukan secara konvensional, pinjaman online juga memberlakukan kontrak perjanjian. Saat telah melakukan pinjaman, maka akan diberikan suatu kontrak yang perlu untuk ditandatangani sebagai bukti pinjaman sah dilakukan. Untuk berjaga jaga, baca dengan teliti kontrak perjanjian yang ditawarkan dan ajukan pertanyaan jika terdapat hal yang tidak jelas.

pahami kontrak pinjaman

Pasalnya kontrak tersebut adalah bukti dan dasar hukum adanya pinjam meminjam, dimana di dalamnya ada segala hak dan kewajiban peminjam dan pemberi dana yang terlibat. Perlu Anda ketahui, kontrak pinjaman bisa bermacam macam. Mulai dari yang berbentuk simpel seperti pinjaman dana tunai jangka waktu pendek, hingga pinjaman dalam bentuk rumit seperti pinjaman terkait usaha yang di dalamnya terdapat agunan atau jaminan atas pengajuan pinjaman.

Demikian ulasan mengenai tips cerdas dalam memilih pinjaman online yang terpercaya. Untuk yang mengajukan pinjaman ke bank namun ditolak, maka tidak ada salahnya melakukan pinjaman online di perusahaan fintech. Akan tetapi, pilihlah perusahaan yang telah resmi dan terpercaya agar nantinya tidak merugi. Semoga dengan adanya tips dalam ulasan ini, Anda bisa memilih perusahaan pinjaman online yang terpercaya dan terbaik. Semoga berhasil.

Tagged : # # # #

admin